Sabtu, 22 September 2012

Tugas 1 (Aktivitas halaman 151)



No 1
       Kelompok Mayoritas

Kelompok Mayoritas adalah jumlah orang terbanyak yang memperlihatkan ciri tertentu menurut suatu patokan dibandingkan dengan jumlah yang lain yang tidak memperlihatkan ciri itu.

       Kelompok Minoritas

Kelompok minoritas adalah kelompok individu yang tidak dominan dengan ciri khas bangsa, suku bangsa, agama, atau bahasa tertentu yang berbeda dari mayoritas penduduk. Minoritas sebagai “kelompok” yang dilihat jumlahnya lebih kecil dibandingkan dengan jumlah penduduk lainnya di negara bersangkutan dalam posisi yang tidak dominan. Keanggotaannya memiliki karakteristikrtnis, agama,maupun bahasa yang berbeda dengan populasi yang ditujukan pada melestarikan budaya, tradisi, agama, dan bahasa. Kelompok sosial yang tak menyusun mayoritas populasi total dari voting dominan secara politis dari suatu kelompok masyarakat tertentu. Minoritas dapat pula merujuk ke kelompok bawahan maupun marginal. Minoritas sosiologis tak perlu bersifat numerik sebab dapat mencakup kelompok yang di bawah normal dengan memandang pada kelompok dominan dalam hal status sosial, pendidikan, pekerjaan, kekayaan, dan kekuasaan politik. Istilah "kelompok minoritas" sering diterapkan bersama dengan wacana hak asasi manusia dan hak kolektif yang mengemuka di abad ke-20.

•        Kedua kelompok ini termasuk ke dalam Kelompok Sosial
 
Bentuk Hubungan Sosial Berdasarkan Kelompok Mayoritas dan Minoritas

    Kinloch berpendapat bahwa mayoritas dengan minoritas dapat dibedakan berdasarkan jumlah anggota dan kualitas SDM.

> Berdasarkan jumlah anggota
Hubungan sosial kelompok mayoritas berdasarkan jumlah anggota dapat didefinisikan sebagai suatu kelompok besar yang memiliki kekuasaan dan kelompok tersebut memandang dirinya normal tetapi dipandang tidak normal serta lebih rendah.


> Berdasarkan kualitas SDM.
Kinloch menjelaskan bahwa kelompok mayoritas dapat terdiri atas sejumlah besar orang lain.
Contoh : Kelompok kulit putih di Afrika Selatan merupakan kelopok mayoritas karena menguasai warga berkulit hitam.

    Mely G.Tan berpendapat bahwa perbedaan antara mayoritas adalah berdasarkan pada jumlah anggota kelompok.
Contoh : kelompok kecil kaum terdidik dengan kaum tak terdidik.

http://ips-mrwindu.blogspot.com/2011/04/mendiskripsikan-bentuk-bentuk-hubungan.html
http://pendidikanlayanankhusus.wordpress.com/2008/10/04/pengertian-kelompok-etnik-minoritas/
http://www.artikata.com/arti-340162-mayoritas.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Minoritas



No 2
        Masyarakat yang ada di daerah rumah berbentuk kelompok sosial yang berupa keluarga, rukun tetangga/rukun warga. Yaitu termasuk ke dalam kelompok sosial paguyuban dimana ini merupakan bentuk kehidupan bersama di mana anggota-anggotanya memiliki hubungan batin yang kuat, bersifat alamiah, serta bersifat kekal. Contohnya, hubungan yang terdapat dalam keluarga, kelompok kekerabatan dan hubungan dalam tetangga pada masyarakat tradisional atau pada masyarakat pedesaan. Dan termasuk juga ke dalam kategori paguyuban karena tempat tinggal yaitu suatu paguyuban yang terdiri dari orang-orang yang berdekatan tempat tinggalnya sehingga dapat saling tolong menolong. Pola hubungannya termasuk ke dalam Pluralisme yaitu suatu paham dimana suatu kelompok tidak boleh mendominasi kelompok lain.


0 komentar:

Posting Komentar