Selasa, 27 November 2012

Tugas 7 (membuat soal, materi mencakup kelas X, XI dan XII)


Nama : Rifka Alfi Hidayawati
Kelas : XI IPS 1
Tugas ke 7

Soal Sosiologi kelas X
1.       Sosiologi lahir dari lontaran kekhawatiran seorang ahli filsafat Perancis yang bernama . . .
a.       Herbert Spencer
b.      Auguste Comte
c.       Thomas Hobbes
d.      Lester Frank Ward
e.      Max Weber
2.       Sosiologi didasarkan pada hasil observasi, tidak spekulatif, dan menggunakan akal sehat. Hasil ini menunjukkan bahwa sosiologi bersifat . . .
a.       Empiris
b.      Teoritis
c.       Kumulatif
d.      Non-etis
e.      Praktis
3.       Sosiologi berusaha untuk menyusun abstraksi dari hasil-hasil observasi. Hal ini menunjukkan bahwa sosiologi bersifat . . .
a.       Empiris
b.      Teoritis
c.       Kumulatif
d.      Non-etis
e.      Praktis
4.       Sosiologi menjelaskan fakta-fakta secara analitis. Hal ini menunjukkan bahwa sosiologi bersifat . . .
a.       Empriris
b.      Teoritis
c.       Kumulatif
d.      Non-etis
e.      Praktis
5.       Sosiologi adalah penelitian secara ilmiah terhadap interaksi sosial dan hasilnya adalah organisasi sosial. Ini merupakan definisi sosiologi menurut . . .
a.       Selo Soemarjan
b.      Ogburn
c.       Durkheim
d.      Weber
e.      Spencer
6.       Sosiologi memperlajari tumbuh, bangun, dan kewajiban masyarakat. Ini merupakan definisi sosiologi menurut . . .
a.       Selo Soemarjan
b.      Ogburn
c.       Durkheim
d.      Weber
e.      Spencer
7.       Objek sosiologi adalah . . .
a.       Benda sejarah
b.      Masyarakat
c.       Perekonomian
d.      Sistem politik
e.      Peninggalan purbakala
8.       Definisi sosiologi adalah . . .
a.       Ilmu pengetahuan tentang pergaulan hidup manusia
b.      Ilmu yang mempelajari adat istiadat manusia
c.       Ilmu yang mempelajari hubungan manusia dengan alam
d.      Ilmu yang mempelajari terjadinya manusia
e.      Ilmu pengetahuan tentang alam semesta
9.       Sesuatu yang dianggap berharga, berguna dan pantas oleh seseorang disebut . . .
a.       Norma
b.      Nilai
c.       Hobi
d.      Moral
e.      Tindakan
10.   Contoh nilai yang sudah melembaga dalam kehidupan masyarakat antara lain . . .
a.       Gotong royong
b.      Sikap individualistik
c.       Sikap materialistik
d.      Konsumeristik
e.      Nepotisme
11.   Sanksi yang diberikan kepada seseorang bertujuan . . .
a.       Agar si pelaku lebih terkenal
b.      Dapat meningkatkan gengsi seseorang
c.       Agar terdapat perubahan tingkah laku
d.      Membuat rasa malu bagi si pelanggar
e.      Membuat si pelaku kebal hukum
12.   Suatu perubahan yang diulang-ulang dalam bentuk yang sama sehingga menjadi pola masyarakat disebut . . .
a.       Usage
b.      Folkways
c.       Adat istiadat
d.      Mores
e.      Custom
13.   Norma yang daya pengikatnya lemah adalah . . .
a.       Folkways
b.      Mores
c.       Usage
d.      Habit
e.      Custom
14.   Nilai kebenaran yang berguna bagi rohani manusia bersumber pada . . .
a.       Kepercayaan terhadap suatu agama
b.      Keyakinan diri sendiri
c.       Perasaan manusia
d.      Unsur akal manusia
e.      Unsur indera manusia
15.   Himpunan petunjuk untuk perintah dan larangan yang mengatur tata tertib dalam suatu masyarakat atau negara adalah . . .
a.       Norma kebiasaan
b.      Norma
c.       Norma adat
d.      Norma agama
e.      Norma kesusilaan
16.   Kehidupan dalam suatu masyarakat akan berjalan tertib dan teratur jika anggota masyarakat sendiri bertindak sesuai dengan yang diharapka, yang berpedoman pada . . .
a.       Apa yang dikehendaki
b.      Kebiasaan yang telah mendarah daging
c.       Aturan penguasa
d.      Norma yang berlaku
e.      Simbol-simbol kekuasaan
17.   Segala sesuatu yang berguna bagi unsur manusia disebut nilai . . .
a.       Material
b.      Vital
c.       Kerohanian
d.      Kebaikan
e.      Kebenaran
18.   Nilai-nilai sosial mempunyai fungsi umum, antara lain . . .
a.       Mengukur usaha manusia dalam memperlakukan nilai tersebut
b.      Mengukur kedudukan seseorang dalam menggunakan nilai tersebut
c.       Mengarahkan manusia dalam berpikir dan bertingkah laku
d.      Mengukur seberapa banyak orang yang menganut nilai tersebut
e.      Merupakan langkah awal bagi manusia untuk memperkuat kekuasaannya
19.   Aturan yang disebut dalam masyarakat untuk mencapai keseimbangan sosial disebut . . .
a.       Nilai
b.      Adat istiadat
c.       Pandangan hidup
d.      Norma
e.      Kebiasaan
20.   Dilarang mencuri, membunuh dan memperkosa. Hal tersebut menunjukkan adanya keterikatan antara norma yang satu dengan norma yang lain, yaitu antara . . .
a.       Norma kesopanan dengan norma kebiasaan
b.      Norma kelakuan dengan norma hukum
c.       Norma hukum dengan norma agama
d.      Norma kebiasaan dengan adat istiadat
e.      Norma agama dengan norma kesopanan
21.   Aturan yang umumnya tidak tertulis, tetapi tetap dianut oleh masyarakat, dan bagi siapa saja yang melanggar tetap dikenakan sanksi, yaitu . . .
a.       Adat istiadat
b.      Norma kesusilaan
c.       Tata kelakuan
d.      Norma hukum
e.      Norma kebiasaan
22.   Tata kelakuan yang kekal dan kuat integritasnya disebut . . .
a.       Usage
b.      Mores
c.       Folkways
d.      Custom
e.      Tingkah laku
23.   Petunjuk hidup yang berasal dari akhlak dan hati nurani tentang apa yang baik dan apa yang buruk dinamakan norma . . .
a.       Agama
b.      Kesusilaan
c.       Kesopanan
d.      Kebiasaan
e.      Hukum
24.   Cara-cara berpakaian anak muda zaman dulu berbeda dengan anak muda zaman sekarang. Hal ini menandakan adanya perbedaan . . .
a.       Tata kelakuan
b.      Tata krama
c.       Tata nilai
d.      Tata busana
e.      Tata budaya
25.   Norma hukum bagi masyarakat mempunyai sifat sebagai berikut . . .
a.       Tidak dapat dipisahkan karena harus ada kesadaran
b.      Dapat dipaksakan karena berlaku untuk umum
c.       Tergantung situasi dan kondisi masyarakat
d.      Tegantung jenis  pelanggaran dan jenis sanksinya
e.      Tingkatannya paling rendah dan sanksinya ringan
26.   Salah satu sumber informasi yang mendasari iteraksi adalah . . .
a.       Sikap diri
b.      Letak geografis
c.       Sosialisasi
d.      Asal-usul
e.      Penampilan fisik
27.   Berikut ini yang merupakan tahapan dalam proses mendekatkan, adalah . . .
a.       Terminating
b.      Describing
c.       Stragnating
d.      Intensifying
e.      Extensifying
28.   Adanya kecenderungan atau keinginan dalam diri seseorang untuk menjadi sama dengan pihak lain disebut . . .
a.       Sugesti
b.      Imitasi
c.       Simpati
d.      Asimilasi
e.      Identifikasi
29.   Pada zaman modern seperti sekarang, banyak orang menggunakan berbagai jenis peralatan modern sepertin telepon genggam, telegram, dan faksimili. Dengan peralatan itu dapat terjadi . . .
a.       Kontak
b.      Akomodasi
c.       Komunikasi
d.      Akulturasi
e.      Interaksi
30.   Bila seseorang telah mengadakan hubungan langsung seperti tatap muka, maka orang tersebut telah mengadakan . . .
a.       Kontak sekunder
b.      Kontak sekunder langsung
c.       Interaksi
d.      Kontak primer
e.      Kontak sekunder tidak langsung
31.   Kontravensi merupakan bentuk proses sosial yang berada antara . . .
a.       Persaingan dan pertentangan
b.      Akomodasi dan asimilasi
c.       Kerjasama dan persaingan
d.      Pertentangan dan konflik
e.      Persaingan dan akomodasi
32.   Jumlah pelakunya lebih dari dua. Adanya komunikasi antara pelaku dengan menggunakan simbol atau lambang. Hal ini merupakan ciri dari . . .
a.       Integrasi sosial
b.      Perubahan sosial
c.       Interaksi sosial
d.      Komunikasi sosial
e.      Kontak sosial
33.   Usaha manusia untuk meredakan ketegangan dan mencapai kestabilan disebut . . .
a.       Akomodasi
b.      Asosiasi
c.       Asimilasi
d.      Mediasi
e.      Akulturasi
34.   Salah satu faktor yang mempengaruhi interaksi sosial adalah sugesti. Sugesti berarti . . .
a.       Meniru perbuatan orang lain dengan berbagai perubahan
b.      Melakukan perbuatan sama seperti pihak lain
c.       Merasakan seperti apa yang dirasakan pihak lain
d.      Mengikuti pihak lain tanpa menggunakan alasan
e.      Melakukan perbuatan tanpa memperhatikan keberadaan orang lain
35.   Simpati bukan hanya berpengaruh secara psikis saja tetapi dapat berpengaruh juga terhadap . . .
a.       Fisik
b.      Perasaan
c.       Emosi
d.      Sikap
e.      Perilaku
36.   Ada empat macam jarak dalam interaksi sosial. Salah satunya adalah . . .
a.       Jarak waktu
b.      Jarak ruang
c.       Jarak pribadi
d.      Jarak tempat
e.      Jarak media
37.   Ikut merasakan kebahagiaan atau kesedihan yang dialami orang lain termasuk bentuk . . .
a.       Antipati
b.      Empati
c.       Identifikasi
d.      Simpati
e.      Sugesti
38.   Pada identifikasi, seseorang merasa ingin belajar untuk dapat menyamai . . .
a.       Ayahnya
b.      Ibunya
c.       Gurunya
d.      Temannya
e.      Tokoh idolanya
39.   Contoh tindakan yang termasuk interaksi sosial adalah . . .
a.       Soni membaca majalah detektif
b.      Ira bersenandung di kamar mandi
c.       Eka melihat-lihat album foto
d.      Dodi menendang-nendang kaleng di jalanan
e.      Ibu Kun mengajar tata negara di kelas tiga IPS
40.   Komunikasi dikatakan efektif jika . . .
a.       Tujuan yang diharapkan dari berkomunikasi tercapai
b.      Pesan yang disampaikan telah sampai di tujuan
c.       Adanya kegembiraan para komunikan
d.      Munculnya pesan-pesan berantai
e.      Komunikan berlomba untuk mengadakan kontak
41.   Bentuk interaksi antarindividu dengan kelompok berikut ini adalah . . .
a.       Adik meminta uang jajan kepada ibunya
b.      Penonton pertandingan bola berteriak secara serempak
c.       Ibu dan bapak bercakap-cakap di ruang tamu
d.      Toto melihat- lihat foto teman sekolahnya
e.      Ibu Indah mengajar sosiologi di kelas dua
42.   Kontak yang terjadi antara masing-masing pihak melalui surat atau telepon termasuk kontak . . .
a.       Sekunder tidak langsung
b.      Primer langsung
c.       Sekunder
d.      Primer tidak langsung
e.      Sekunder langsung
43.   Bila si anak mulai menyesuaikan diri dengan adat istiadat atau perilaku kelompoknya maka anak tersebut sudah mulai . . .
a.       Menengal norma
b.      Belajar bergaul
c.       Memahami nilai
d.      Berintegrasi
e.      Bersosialisasi
44.   Nilai dan norma sosial menjadi penentu . . .
a.       Martabat seseorang di masyarakat
b.      Agen sosialisasi primer dan sekunder
c.       Bagaimana pola sosialisasi berlansung dalam diri seseorang
d.      Diterima atau tidaknya seseorang dalam suatu kelompok sosial
e.      Kesamaan derajat dengan orang lain di masyarakat
45.   Jika seorang anak tidak pernah bersosialisasi, maka . . .
a.       Ia akan hidup sebagai orang yang berkepribadian ganda
b.      Ia akan mempunyai rasa percaya diri yang besar
c.       Ia tidak akan berperilaku seperti layaknya manusia
d.      Kemampuannya akan tetap sama seperti anak yang bersosialisasi
e.      Ia akan lebih terampil dibanding teman sebayanya
46.   Apabila proses sosialisasi menemui kegagalan maka yang terjadi pada diri anak adalah . . .
a.       Timbul perilaku yang tidak baik
b.      Perubahan sikap pada dirinya
c.       Timbul rasa lebih bertanggung jawab
d.      Timbul semangat baru
e.      Lebih bisa menghadapi tantangan
47.   Kemampuan berbahasa seorang anak berasal dari . . .
a.       Bakat yang ada dalam dirinya
b.      Pembawaan sejak lahir
c.       Kemampuan yang diperoleh dengan sendirinya
d.      Hasil proses belajar
e.      Hasil ciptaan sendiri
48.   Agen sosialisasi pada tahap awal pembentuk kepribadian anak adalah . . .
a.       Teman bermain
b.      Teman belajar
c.       Keluarga
d.      Sekolah
e.      Media massa
49.   Iklan yang ditayangkan melalui media televisi mempunyai pengaruh besar terhadap perkembangan hidup di masyarakat karena iklan berpotensi memicu . . .
a.       Perubahan pola hidup masyarakat
b.      Terjadinya benturan kepentingan
c.       Terjadinya kebrutalan anak-anak
d.      Timbulnya perilaku yang khas di masyarakat
e.      Perubahan pola pikir yang cenderung amoral
50.   Jika seseorang ingin diterima menjadi anggota kelompok sosial, maka ia harus menjalani proses . . .
a.       Institusionalisasi
b.      Nasionalisasi
c.       Sosialisasi
d.      Normalisasi
e.      Internalisasi
51.   Salah satu faktor pembentuk kepribadian seseorang adalah . . .
a.       Derajat
b.      Bahasa
c.       Agama
d.      Lingkungan fisik
e.      Harta
52.   Bagi orang tua dan masyarakat, sosialsasi mempunyai arti penting sebagai . . .
a.       Alat untuk melestarikan nilai dan norma terhadap generasi berikutnya
b.      Cara untuk menjaga wibawa keluarga dan masyarakat secara khusus
c.       Alat untuk memperkenalkan masa kedewasaan anggota kelompoknya
d.      Cara untuk mempelajari kesabaran dalam menghadapi lingkungan
e.      Alat untuk melatih kemampuan berkomunikasi dengan sesamanya
53.   Fungsi sosialisasi primer adalah . . .
a.       Membentuk manusia yang profesional
b.      Meletakkan dasar kepribadian individu
c.       Sebagai media transformasi budaya
d.      Membentuk individu siap kerja
e.      Memberi perlidungan individu dari gangguan
54.   Sosialisasi sekunder terjadi melalui agen-agen berikut, yaitu . . .
a.       Keluarga, masyarakat, dan sekolah
b.      Teman bermain, sekolah, dan media massa
c.       Sekolah, media massa, dan keluarga
d.      Ayah, ibu, dan anggota kerabat
e.      Tetangga, masyarakat, dan keluarga
55.   Peranan sekolah dalam sosialisasi sangat berhubungan dengan kepastian ekonomi karena . . .
a.       Semua sekolah dapat menciptakan lapangan pekerjaan
b.      Sekolah adalah tempat bermain dan belajar
c.       Sekolah mengajarkan keterampilan dan pengetahuan
d.      Kurangnya sekolah merupakan indikator kemiskinan suatu daerah
e.      Kulaitas manusia ditentukan oleh tingkat pendidikan
56.   Proses sosialisasi primer yang tidak sempurna antara lain disebabkan oleh . . .
a.       Anak yang dilahirkan dalam keadaan cacat
b.      Terjadinya peperangan atau disintegrasi keluarga
c.       Perubahan masyarakat yang terlalu cepat dan mendasar
d.      Kenakalan remaja yang semakin gencar dan meresakan
e.      Tidak adanya kepastian hukum di masyarakat
57.   Salah satu contoh fungsi media massa dalam sosialisasi sekunder adalah . . .
a.       Membuat masyarakat menjadi konsumtif
b.      Menanamkan nilai-nilai yang sifatnya fundamental
c.       Membudayakan masyarakat selalu bertindak secara formal
d.      Menanamkan rasa tentram dan damai melalui berita yang disajikan
e.      Menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat
58.   Masa di mana seorang anak mulai belajar mengambil peranan orang-orang yang berada di sekitarnya dengan meniru disebut . . .
a.       Play stage
b.      Game stage
c.       Generalized stage
d.      Masa akil balig
e.      Masa kanak-kanak
59.   Tahap dimana seorang anak hanya mengetahui peranan yang harus dijalankannya, tetapi mengetahui peranan yang dijalankan orang lain dengan siapa ia berinteraksi adalah . . .
a.       Play stage
b.      Game stage
c.       Generalized stage
d.      Masa akil balig
e.      Masa kanak-kanak
60.   Tahap dimana seorang anak telah memahami peranan orang lain yang lebih luas dan melalui interaksi pula ia mampu memilih peranan yang ia kehendaki disebut . . .
a.       Play stage
b.      Game stage
c.       Generalized stage
d.      Masa akil balig
e.      Masa kanak-kanak
61.   Sosialisasi melalui lembaga-lembaga yang berwenang merupakan tipe sosialisasi . . .
a.       Formal
b.      Informal
c.       Material
d.      Immaterial
e.      Primer
62.   Sosialisasi dalam pergaulan merupakan tipe sosialisasi . . .
a.       Formal
b.      Informal
c.       Material
d.      Immaterial
e.      Primer
63.   Perilaku menyimpang adalah tindakan pelanggaran yang dilakukan individu atau kelompok terhadap . . .
a.       Kaidah
b.      Nilai
c.       Struktur
d.      Sistem
e.      Perilaku
64.   Perilaku menyimpang yang termasuk dalam tindakan kriminal adalah . . .
a.       Kumpul kebo, narkotik, pembunuhan
b.      Kumpul kebo, penganiayaan, korupsi
c.       Penipuan, pemerkosaan, penganiayaan
d.      Penipuan, kolusi, narkotik
e.      Korupsi, arogansi, kolusi
65.   Cara untuk menertibkan masyarakat yang melanggar aturan disebut . . .
a.       Lembaga sosial
b.      Pengendalian sosial
c.       Penaatan sosial
d.      Keteraturan sosial
e.      Ketertiban sosial



Soal sosiologi kelas XI
1.       Berikut ini merupakan ciri struktur sosial, yaitu . . .
a.       Struktur sosial mengacu pada status dan peranan
b.      Struktur sosial dapat dilihat secara vertikal
c.       Struktur sosial merupakan seluruh kebudayaan masyarakat
d.      Struktur sosial dapat dilihat secara horizontal
e.      Struktur sosial memiliki hubungan yang aneh
2.       Kekayaan, pekerjaan, dan pendidikan merupakan dasar penggolongan masyarakat secara . . .
a.       Horizontal
b.      Vertikal
c.       Longitudinal
d.      Searah
e.      Horizontal dan Vertikal
3.       Kemajemukan sosial dalam suatu masyarakat didasarkan pada . . .
a.       Ras dan Agama
b.      Ras dan Pendidikan
c.       Pekerjaan dan Kekuasaan
d.      Kekayaan dan Etnis
e.      Kekuasaan dan Klen
4.       Yang termasuk ke dalam ciri fenotip kuantitatif adalah . . .
a.       Bentuk rambut dan golongan darah
b.      Bentuk amta dan jantung
c.       Bentuk hidung dan golongan darah
d.      Golongan darah dan jantung
e.      Warna kulit dan bentuk rambut
5.       Yang termasuk ke dalam ras Mongoloid adalah . . .
a.       Indonesia dan Cina
b.      India dan Pakistan
c.       Afrika dan Jerman
d.      Jerman dan India
e.      Afrika dan India
6.       Rico memiliki ayah berkebangsaan Jerma, sedangkan ibunya adalah orang Indonesia asli. Dalam masyarakat kita, Rico disebut sebagai anak indo atau anak hasil perkawinan campuran yang dikenal dengan istilah . . .
a.       Mestizo
b.      Amalgamasi
c.       Akulturasi
d.      Asimilasi
e.      Difusi
7.       Pada masyarakat Minangkabau, klen yang didasarkan pada garis keturunan ibu disebut . . .
a.       Marga
b.      Fratri
c.       Paroh
d.      Paruik
e.      Fam
8.       Suku bangsa di Indonesia memiliki keragaman budaya dan bahasa, namun secara fisik tidak terdapat perbedaan yang mencolok karena . . .
a.       Tidak ada konflik
b.      Kesamaan pengalaman
c.       Amalgamasi
d.      Memiliki wilayah yang sama
e.      Toleransi dan tenggang rasa
9.       Yang termasuk ke dalam suku bangsa Nusa Tenggara adalah . . .
a.       Bugis dan Flores
b.      Ternate dan Tidore
c.       Banjar dan Timor
d.      Manggarai dan Dompu
e.      Bali dan Asmat
10.   Hidung mancung, kulit putih, rambut pirang merupakan ciri khas . . .
a.       Mongoloid
b.      Kaukasoid
c.       Negroid
d.      Austroloid
e.      Veddoid
11.   Ahli yang mengemukakan bahwa stratifikasi sosial merupakan penggolongan orang-orang ke dalam lapisan-lapisan hierarki menurut dimensi kekuasaan, hak-hak istimewa, dan prestise adalah . . .
a.       Pitirim A. Sorokin
b.      Karl Marx
c.       Cuber
d.      Emile Durkheim
e.      Max Weber
12.   Faktor penentu stratifikasi sosial pada masyarakat bercocok tanam adalah . . .
a.       Pembuka lahan
b.      Kepandaian berburu
c.       Jenis kelamin
d.      Harta benda
e.      Umur
13.   Kondisi yang mendorong terciptanya stratifikasi dalam masyarakat adalah . . .
a.       Melimpahnya kekayaan alam
b.      Kerjasama dalam mengerjakan tugas
c.       Perbedaan ras dan budaya
d.      Prestise sosial
e.      Status dan peranan seseorang
14.   Ibnu adalah murid yang rajin dan sangat disegani oleh teman-temannya. Karena ketekunannya, Ibnu dianugerahi gelar sebagai siswa teladan oleh kepala sekolah. Hal ini menunjukkan cara memperoleh status yang disebut . . .
a.       Assigned status
b.      Ascribed status
c.       Achieved status
d.      Konflik status
e.      Status individual
15.   Astrid adalah seorang anak yang berasal dari keluarga kaya. Setiap hari ia selalu diantar dan dijemput dengan mobil pribadi ke sekolah. Ia selalu menggunakan tas dan sepatu yang terbaru dan merek yang mahal. Hal yang ditunjukkan oleh Astrid tersebut merupakan contoh . . .
a.       Konflik status
b.      Assigned status
c.       Achieved status
d.      Simbol status
e.      Status istimewa
16.   Ibu Dina adalah seorang guru di sekolah X. Ia merasa bingung melihat anaknya yang setiap hari bolos sekolah. Sebagai seorang ibu, ia ingin melindungi anaknya. Namun, sebagai seorang guru, ia harus bersikap adil pada setiap anak didiknya, tidak terkecuali anaknya sendiri. Konflik yang dialami Ibu Dina merupakan . . .
a.       Konflik status antarindividu
b.      Konflik status antarkelompok
c.       Konflik status antara individu dengan kelompok
d.      Konflik status individual
e.      Konflik status antara individu dengan masyarakat
17.   Resi adalah seorang anak petani. Namun, karena kegigihan dan keuletannya, kini ia berhasil menjadi seorang pengusaha makanan yang sangat sukses. Kemampuan Resi untuk meningkatkan status sosialnya hanya mungkin terjadi pada sistem pelapisan sosial . . .
a.       Tertutup
b.      Terbuka
c.       Campuran
d.      Semi terbuka
e.      Semi tertutup
18.   Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut !
1.       Tahapan perubahan perkembangan dalam masyarakat
2.       Alat solidaritas sosial dalam masyarakat
3.       Penentu lambang atau kedudukan
4.       Penentu tingkat mudah sukarnya bertukar kedudukan
5.       Pengawas sosial
Pernyataan yang termasuk ke dalam fungsi stratifikasi sosial adalah . . .
a.       1, 2, dan 3
b.      1, 3, dan 5
c.       1, 3, dan 4
d.      2, 3, dan 4
e.      2, 3, dan 5
19.   Dokter, pengacara, dan insyinyur merupakan contoh pelapisan masyarakat di negara demokratis, yaitu . . .
a.      Skill
b.      Semi skill
c.       Semi profesional
d.      Elite
e.      Profesional
20.   Pak Imran memiliki status sosial tinggi dalam masyarakat karena ia merupakan salah satu anggota DPR. Hal ini menunjukkan pelapisan sosial yang terjadi karena . . .
a.       Pendidikan
b.      Kekayaan
c.       Keturunan
d.      Politik
e.      Jenis kelamin
21.   Primordialisme dapat terjadi karena . . .
a.       Adanya suatu sikap untuk mempertahankan keutuhan suatu kelompok sosial
b.      Adanya keinginan untuk mempertahankan keinginan pribadi
c.       Adanya kecintaan pada bangsa dan negara
d.      Adanya pembagian tugas yang terspesialisasi
e.      Adanya dominasi terhadap kelompok minoritas
22.   Pemberlakuan politik apartheid di Afrika Selatan merupakan contoh . . .
a.       Primordialisme
b.      Sektarian
c.       Etnosentrisme
d.      Chauvinisme
e.      Nasionalisme
23.   Dampak positif sikap etnosentrisme adalah . . .
a.       Memperteguh rasa cinta terhadap kebudayaan atau bangsa
b.      Meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa
c.       Meningkatkan keberagaman budaya
d.      Meningkatkan rasa tenggang rasa
e.      Memperteguh rasa cinta terhadap sesama
24.   Berkembangnya globalisasi memicu gaya hidup konsumtif pada masyarakat Indonesia. Hal ini bertentangan dengan prinsip hidup sederhana yang dijunjung tinggi oleh masyarakat pada umumnya. Dalam kondisi itu, timbullah konflik yang disebabkan oleh . . .
a.       Perubahan sosial
b.      Perbedaan kepentingan
c.       Perbedaan antarindividu
d.      Perbedaan kebudayaan
e.      Perbedaan antarkelompok
25.   Pak Beno tidak menyukai Pak Rino karena ia telah mempemalukannya di depan umum. Oleh karena itu, Pak Beno menyantet Pak Rino untuk membalas rasa sakit hatinya. Tindakan yang dilakukan oleh Pak Beno termasuk ke dalam konflik . . .
a.       Realistis
b.      Rasial
c.       Non-realistis
d.      Peranan sosial
e.      Status sosial
26.   Konflik antaragama yang terjadi di Poso beberapa waktu lalu merupakan contoh . . .
a.       Konflik internasional
b.      Konflik out-group
c.       Konflik non realistis
d.      Konflik in-group
e.      Konflik kelas sosial
27.   Berikut ini, yang merupakan dampak positif dari sebuah konflik adalah . . .
a.       Meningkatkan solidaritas kelompok
b.      Mengubah kepribadian individu
c.       Meningkatkan integrasi
d.      Meningkatkan rasa tenggang rasa antarindividu
e.      Menghilangkan rasa dendam dan benci dalam masyarakat
28.   Konflik dapat berfungsi sebagai . . .
a.       Pemersatu hubungan sosial
b.      Penunjuk kekuatan dan stabilitas hubungan sosial
c.       Pemenuh kebutuhan sosial
d.      Mendorong pihak yang bertikai untuk saling memaafkan
e.      Alat pemersatu bagi anggotanya
29.   Mengintimidasi, memfitnah, dan meneror seseorang merupakan contoh kekerasan . . .
a.       Langsung
b.      Subjektif
c.       Objektif
d.      Tidak langsung
e.      Struktural
30.   Integrasi yang terjadi akibat adanya norma-norma yang berlaku dalam masyarakat disebut . . .
a.       Integrasi koersif
b.      Integrasi fungsional
c.       Integrasi struktural
d.      Integrasi nasional
e.      Integrasi normatif
31.   Wayne Rooney hanyalah seorang anak dari keluarga biasa di kota Liverpool. Namun, karena determinasinya yang luar biasa, kini ia menjadi salah satu pesepakbola yang sukses dan terhebat di Inggris. Hal ini menunjukkan mobilitas sosial . . .
a.       Vertikal ke atas
b.      Vertikal ke bawah
c.       Horizontal
d.      Antargenerasi
e.      Intragenerasi
32.   Ellyas Picas adalah salah satu petinju kebanggaan Indonesia. Namun, kini ia harus terlibat dengan hukum karena kasus narkoba. Hal ini menunjukkan mobilitas sosial . . .
a.       Vertikal ke atas
b.      Vertikal ke bawah
c.       Horizontal
d.      Antargenerasi
e.      Intragenerasi
33.   Pak Imran dan keluarganya pindah ke kota Surabaya untuk memperoleh kehidupan yang lebih baik. Hal itu merupakan contoh mobilitas sosial . . .
a.       Vertikal
b.      Horizontal
c.       Antargenerasi
d.      Intragenerasi
e.      Geografis
34.   Yang menjadi salah satu faktor penghambat mobilitas sosial adalah . . .
a.       Situasi politik
b.      Perbedaan ras dan agama
c.       Tingkat fertilitas yang berbeda
d.      Perubahan kondisi sosial
e.      Komunikasi yang bebas
35.   Dampak negatif dari mobilitas sosial adalah . . .
a.       Konflik antargenerasi
b.      Timbulnya etnosentrisme
c.       Turunnya status sosial
d.      Terjadi disintegrasi
e.      Kemunduran masyarakat
36.   Andi merupakan seorang siswa SMU A, namun karena ia merasa kurang cocok dengan sistem belajar di SMU tersebut, ia memutuskan untuk pindah ke SMU Z. Hal tersebut merupakan contoh dari mobilitas sosial . . .
a.       Antargenerasi
b.      Intragenerasi
c.       Horizontal
d.      Vertikal turun
e.      Vertikal naik
37.   Yang termasuk ke dalam cara mobilitas sosial adalah . . .
a.       Pendidikan
b.      Perubahan tempat tinggal
c.       Kerja keras
d.      Organisasi politik
e.      Perubahan kebiasaan hidup
38.   Peralihan status sosial yang terjadi dalam satu generasi yang sama disebut . . .
a.       Mobilitas intragenerasi
b.      Mobilitas geografis
c.       Mobilitas antargenerasi
d.      Mobilitas vertikal
e.      Mobilitas horizontal
39.   Banyaknya penduduk Irak yang mengungsi ke negara tetangga akibat invasi amerika pada tahun 2003, menunjukkan bahwa mobilitas sosial dapat terjadi karena . . .
a.       Perkawinan
b.      Perubahan kondisi sosial
c.       Tingkat fertilitas yang berbeda
d.      Situasi politik
e.      Pembagian kerja
40.   Ahli yang mengemukakan bahwa mobilitas sosial merupakan suatu gerak perpindahan dari satu kelas sosial ke kelas sosial yang lainnya adalah . . .
a.       Pitirim A. Sorokin
b.      Paul B. Horton
c.       Chester L. Hunt
d.      Peter Berger
e.      C. Wright Mills
Evaluasi Semester 2
1.       Kebudayaan berasal dari bahasa Sanskerta yaitu . . .
a.       Dharma
b.      Buddhayah
c.       Prasetya
d.      Satya
e.      Prapanca
2.       Perilaku, bahasa, dan materi merupakan contoh kebudayaan yang bersifat . . .
a.       Konkret
b.      Abstrak
c.       Berpola
d.      Mengikat
e.      Tradisi
3.       Kebudayaan merupakan suatu hal yang bersifat turun-temurun dari satu generasi ke generasi. Artinya, kebudayaan merupakan . . .
a.       Supernatural
b.      Superorganik
c.       Superior
d.      Berpola
e.      Supremasi
4.       Yang termasuk ke dalam unsur-unsur kebudayaan adalah . . .
a.       Sistem ekonomi
b.      Perkawinan
c.       Suku bangsa
d.      Pluralisme
e.      Persatuan
5.       Kalau kita merasa kedinginan, kita akan memakai pakaian yang lebih tebal. Kita berbeda dengan hewan yang telah memiliki bulu yang tebal untuk melindungi tubuhnya dari udara dingin. Hal ini menunjukkan bahwa . . .
a.       Kebudayaan merupakan hal yang kita miliki bersama
b.      Kebudayaan merupakan hasil integrasi
c.       Kebudayaan didasarkan pada lambang
d.      Kebudayaan adalah hasil belajar
e.      Kebudayaan bersifat universal
6.       Simbol terpenting dalam kebudayaan masyarakat adalah . . .
a.       Artefak
b.      Kesenian
c.       Pakaian
d.      Alat musik
e.      Bahasa
7.       Sistem mata pencaharian paling tua dalam kebudayaan manusia adalah . . .
a.       Bercocok tanam
b.      Beternak
c.       Berburu dan meramu
d.      Berladang
e.      Bertani
8.       Suatu bentuk kelompok kekerabatan di mana satu dan lainnya terikat melalui garis keturunan laki-laki saja atau perempuan saja disebut . . .
a.       Kekerabatan
b.      Klen kecil
c.       Fratri
d.      Paroh masyarakat
e.      Klan besar
9.       Suku bangsa Batak dan Manggarai menganut sistem kekerabatan . . .
a.       Patrilineal
b.      Matrilineal
c.       Ambilineal
d.      Unilineal
e.      Bilateral
10.   Yang termasuk ke dalam fungsi khusus bahasa adalah . . .
a.       Mempelajari naskah-naskah kuno
b.      Alat komunikasi
c.       Alat untuk mengekspresikan diri
d.      Alat untuk mengintegrasi dan beradaptasi sosial
e.      Alat pemersatu bangsa
11.   Ayam Den Lapeh merupakan lagu daerah yang berasal dari . . .
a.       Aceh
b.      Jawa Barat
c.       Sumatera Utara
d.      Sumatera Barat
e.      Riau
12.   Proses sosial yang dapat mengakibatkan perubahan pada sistem kemasyarakatan adalah . . .
a.       Difusi
b.      Asimilasi
c.       Orijinasi
d.      Akulturasi
e.      Inovasi
13.   Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut !
1.       Unsur baru yang berlawanan dengan unsur lama kemungkinan besar tidak diterima
2.       Adanya suatu pengakuan bahwa unsur baru tersebut mempunyai kegunaan
3.       Kemampuan untuk mendemonstrasikan manfaat penemuan baru tersebut
4.       Pemimpin dapat membatasi proses difusi
5.       Adanya pengakuan terhadap kegunaan penemuan baru
Pernyataan yang termasuk ke dalam faktor-faktor yang mempengaruhi difusi intramasyarakat adalah . . .
a.       1, 2, dan 3
b.      1, 2, dan 4
c.       1, 3, dan 5
d.      2, 3, dan 4
e.      2, 3, dan 5
14.   Masuknya Islam di Indonesia merupakan contoh . . .
a.       Penetration violence
b.      Penetration pasifique
c.       Difusi
d.      Inovasi
e.      Discovery
15.   Penemuan unsur kebudayaan yang baru, baik berupa alat atau gagasan disebut . . .
a.       Invention
b.      Inovasi
c.       Discovery
d.      Difusi
e.      Asimilasi
16.   Kriteria kelompok yang diungkapkan oleh Merton adalah . . .
a.       Ditandai dengan sering terjadinya interaksi
b.      Merupakan sekumpulan orang yang mandiri
c.       Memiliki rasa kekeluargaan yang erat
d.      Memiliki hukum yang bersifat memaksa
e.      Memiliki kesadaran untuk saling menolong
17.   Masyarakat yang telah mengenal pembagian kerja dan memiliki kesempatan antaranggota disebut . . .
a.       In-group
b.      Kelompok primer
c.       Solidaritas mekanik
d.      Solidaritas organik
e.      Paguyuban
18.   Bentuk terkecil dalam suatu kelompok sosial disebut . . .
a.       Dyad
b.      Monad
c.       Triad
d.      In-group
e.       Out-group
19.   Perasaan dalam dan luar kelompok merupakan dasar dari . . .
a.       Chauvinisme
b.      Nasionalisme
c.       Primordialisme
d.      Etnosentrisme
e.      Sukuisme
20.   Sejumlah orang yang mengerumuni korban kecelakaan mobil merupakan contoh . . .
a.       Kelompok dalam
b.      Kerumunan
c.       Kelompok luar
d.      Publik
e.      Kolektif
21.   Teman sepermainan dan keluarga merupakan contoh . . .
a.       Kelompok primer
b.      Kelompok luar
c.       Kelompok sekunder
d.      Kelompok sosial
e.      Kerumunan
22.   Berikut ini, yang merupakan ciri-ciri paguyuban adalah . . .
a.       Ekslusif
b.      Inklusif
c.       Terbuka
d.      Berdasarkan perjanjian
e.      Memiliki struktur
23.   Pandangan yang menyatakan bahwa orang Cina bersifat licik merupakan contoh . . .
a.       Stereotip
b.      Antipati
c.       Antagonisme
d.      Prasangka
e.      Primordialisme
24.   Yang termasuk ke dalam bentuk dominasi adalah . . .
a.       Genosida dan akulturasi
b.      Genosida dan segregasi
c.       Difusi dan asimilasi
d.      Segregasi dan integrasi
e.      Integrasi dan pluralisme
25.   Semboyan Bhineka Tunggal Ika yang dimiliki bangsa Indonesia menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia merupakan . . .
a.       Masyarakat majemuk
b.      Masyarakat sosialis
c.       Masyarakat otoriter
d.      Masyarakat demokratis
e.      Masyarakat modern
26.   Yang termasuk ke dalam pola hubungan patenalisme adalah . . .
a.       Masyarakat madani
b.      Masyarakat kolonial
c.       Masyarakat agraris
d.      Masyarakat majemuk
e.      Masyarakat status
27.   Keinginan manusia untuk hidup bersama dengan orang lain disebut . . .
a.       Insting
b.      Gregariousness
c.       Hasrat
d.      Pengelompokan sosial
e.      Naluri
28.   Kelompok primer dalam masyarakat Indonesia dikenal pula dengan sebutan . . .
a.       Patembayan
b.      Paguyuban
c.       Kelompok sosial
d.      Masyarakat majemuk
e.      Masyarakat perkotaan
29.   Sikap terhadap kelompok luar ditandai dengan  . . .
a.       Simpati
b.      Perasaan senasib
c.       Kekerasan
d.      Antipati
e.      Konflik
30.   Kinloch mengemukakan kriteria yang mendasari hubungan antarkelompok yaitu . . .
a.       Kriteria kebudayaan
b.      Kriteria kekuasaan
c.       Kritertia pekerjaan
d.      Kriteria peranan sosial
e.      Kriteria pendidikan
31.   Karakteristik keragaman masyarakat menurut Van den Berghe adalah . . .
a.       Adanya dominasi politik oleh suatu kelompok atas kelompok lain
b.      Musyarawah untuk menyelesaikan konflik
c.       Mengembangkan rasa saling tenggang rasa yang sangat tinggi
d.      Memiliki segmentasi budaya yang jelas
e.      Memiliki keragaman budaya
32.   Dasar berpikir dari masyarakat multikulturalisme adalah . . .
a.       Pluralisme
b.      Etnosentrisme
c.       Multikulturalisme
d.      Liberalisme
e.      Demokratisasi
33.   Masyarakat yang berusaha untuk membatasi pergaulannya dengan masyarakat lain yang dianggap dapat merusak budayanya disebut . . .
a.       Masyarakat desa
b.      Masyarakat enklusif
c.       Masyarakat inklusif
d.      Masyarakat nelayan
e.      Masyarakat pertanian
34.   Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!
1.       Pola pikir cenderung rasional
2.       Cenderung bersifat sekuler
3.       Religius magis
4.       Tingkat mobilitas sosial rendah
5.       Sangat tergantung pada alam
Yang termasuk ke dalam ciri masyarakat desa adalah . . .
a.       1, 2, dan 3
b.      1, 2, dan 4
c.       2, 3, dan 4
d.      2, 3, dan 5
e.      3, 4, dan 5
35.   Faktor yang mempengaruhi terjadinya konflik dalam masyarakat Indonesia adalah . . .
a.       Adanya perbedaan sikap atau pendirian
b.      Sikap menerima perubahan secara kritis
c.       Sangat percaya pada rasionalitas
d.      Terjadinya disintegrasi bangsa
e.      Pendistribusian kekayaan yang tidak merata
36.   Dari segi lokalitas, masyarakat Indonesia dibagi menjadi . . .
a.       Masyarakat konservatif dan modern
b.      Masyarakat ekslusif dan inklusif
c.       Masyarakat desa dan kota
d.      Masyarakat pertanian dan nelayan
e.      Masyarakat tradisional dan modern
37.   Contoh masalah masyarakat Indonesia yang bersifat horizontal adalah . . .
a.       Kekuasaan dan kekayaan
b.      Kekayaan dan suku bangsa
c.       Ras dan kekayaan
d.      Suku bangsa dan agama
e.      Agama dan pendidikan
38.   Faktor-faktor yang mendorong keragaman masyarakat Indonesia adalah . . .
a.       Keadaan geografis Indonesia
b.      Sumber alam yang melimpah
c.       Mata pencaharian yang berbeda
d.      Realitas sosial dan budaya yang khas
e.      Adanya dominasi terhadap minoritas
39.   Manfaat masyarakat multikulturalisme adalah . . .
a.       Kebenaran menjadi monopoli orang yang berkuasa
b.      Munculnya rasa tidak menghargai kebudayaan lain
c.       Sebagai benteng pertahanan terhadap ancaman yang timbul dari budaya kapital
d.      Menjadi alat untuk mengembangkan adat dan tradisi
e.      Dapat berfungsi sebagai alat untuk mengevaluasi kinerja masyarakat
40.   Masyarakat multikultural adalah . . .
a.       Masyarakat yang mengakui beragam keunikan budaya, tetapi tidak mengekang kelompok lain
b.      Masyarakat yang mengakui beragam budaya, tetapi mendominasi kelompok lain
c.       Masyarakat yang memiliki subkebudayaan yang berbeda
d.      Masyarakat yang mengakui keberagaman kelompok lain, tetapi seringkali mengalami konflik
e.      Masyarakat yang berintegrasi dalam satu pemerintahan yang otoriter










Soal sosiologi kelas XII
1.       Adanya ketidaksesuaian di antara unsur-unsur yang saling berbeda yang dijumpai dalam kehidupan sosial di masyarakat sering menghasilkan suatu pola kehidupan yang tidak serasi fungsinya bagi kehidupan masyarakat yang bersangkutan. Proses ini merupakan . . .
a.       Perubahan Kebudayaan
b.      Differensiasi Sosial
c.       Peranan Sosial
d.      Perubahan Sosial
e.      Integrasi Sosial
2.       Salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya perubahan sosial adalah . . .
a.       Tingkat pertumbuhan penduduk yang tinggi
b.      Program transmigrasi dari pemerintah
c.       Keberhasilan program Keluarga Berencana
d.      Adanya perpindahan penduduk antardaerah
e.      Menurunnya tingkat kesejahteraan masyarakat
3.       Contoh dari perubahan cepat dan mendasar adalah . . .
a.       Model pakaian
b.      Revolusi industri
c.       Hukum pewarisan
d.      Undang-undang perkawinan
e.      Pembuatan alat-alat
4.       Perubahan yang merupakan lanjutan dari perubahan terdahulu disebut . . .
a.       Perubahan mendasar
b.      Perubahan revolusi
c.       Perubahan struktural
d.      Perubahan menyebar
e.      Perubahan proses
5.       Pergolakan sangat erat kaitannya dengan disintegrasi karena . . .
a.       Disintegrasi berakibat terhadap perubahan
b.      Pergolakan menimbulkan chaos
c.       Pergolakan menimbulkan anomi
d.      Pergolakan cenderung menimbulkan disintegrasi
e.      Pergolakan cenderung mengarah ke konflik
6.       Modernisasi merupakan fase menuju industrialisasi karena di dalamnya terdapat perubahan . . .
a.       Peranan
b.      Fungsi
c.       Pola pikir
d.      Status
e.      Identitas
7.       Industrialisasi dapat terlaksana apabila masyarakat . . .
a.       Menguasai iptek
b.      Memiliki modal
c.       Membuat perencanaan
d.      Sudah terintegrasi
e.      Menguasai budaya Barat
8.       Modernisasi adalah usaha untuk hidup sesuai dengan zaman dan keadaan dunia sekarang. Konsep modernisasi disampaikan oleh . . .
a.       E. Moore
b.      Koentjaraningrat
c.       Astrid S. Susanto
d.      Soegono Soekanto
e.      Ogburn dan Nimkoff.
9.       Salah satu syarat modernisasi adalah tingkat organisasi yang tinggi. Maksudnya adalah . . .
a.       Terciptanya disiplin
b.      Lahirnya birokrasi yang rumit
c.       Hilangnya suasana santai
d.      Adanya garis-garis komando
e.      Mudahnya mendapatkan data
10.   Terjadinya modernisasi di Indonesia karena didorong oleh keinginan untuk . . .
a.       Lebih menghargai waktu
b.      Hidup lebih makmur
c.       Peningkatan disiplin nasional
d.      Menikmati pembaharuan
e.      Menikmati prestasi yang dicapai
11.   Fungsi manifes dalam lembaga sosial adalah fungsi . . .
a.       Yang tidak disadari oleh masyarakat
b.      Yang sewaktu-waktu akan muncul kembali
c.       Yang sifatnya temporer
d.      Yang disadari oleh banyak orang di masyarakat
e.      Yang bukan merupakan tujuan utama
12.   Perkawinan yang dilakukan dalam satu klen disebut . . .
a.       Endogami
b.      Eksogami
c.       Poligami
d.      Monogami
e.      Poligini
13.   Fungsi keluarga yang berkaitan dengan pelestarian nilai-nilai leluhur adalah sebagai wadah . . .
a.       Transmisi budaya
b.      Perlindungan ekonomi
c.       Pelestarian generasi
d.      Sosialisasi primer
e.      Pendidikan informal
14.   Jika suami istri bertempat tinggal di tempat kelahiran masing-masing, maka pola menetap yang dianut adalah . . .
a.       Patrilokal
b.      Bilokal
c.       Neolokal
d.      Avunkulokal
e.      Natalokal
15.   Unsur-unsur lembaga keluarga yang berkaitan dengan ideologi adalah . . .
a.       Kasih sayang
b.      Kendaraan
c.       Izin kawin
d.      Keturunan
e.      Tanggung jawab
16.   Simbol dari lembaga keluarga antara lain adalah . . .
a.       Uang
b.      Kekuasaan
c.       Bendera
d.      Cincin kawin
e.      Pendidikan informal
17.   Bila seseorang telah menikah dan kemudian pengantin pria tinggal di kerabat istrinya, maak pola menetap demikian dinamakan . . .
a.       Biolokal
b.      Neolokal
c.       Matrilokal
d.      Viriolokal
e.      Natalokal
18.   Fungsi pranata keluarga yang paling alamiah adalah . . .
a.       Membahagiakan keluarga
b.      Mendidik anak
c.       Mewariskan budaya
d.      Membantu masyarakat
e.      Melanjutkan keturunan
19.   Seperangkat norma yang dibentuk, diubah, dan dipertahankan manusia disebut . . .
a.       Asosiasi sosial
b.      Adat kebiasaan
c.       Lembaga sosial
d.      Tata tertib
e.      Peraturan
20.   Berikut ini yang merupakan fungsi manifes dari lembaga pendidikan adalah . . .
a.       Mengajarkan status dan peranan sosial
b.      Membentuk masyarakat yang demokratis
c.       Membentuk masyarakat yang sejahtera
d.      Memberi kesempatan kepada masyarakat untuk mendapatkan pekerjaan
e.      Memberi identitas diri pada warga masyarakat
21.   Perkawinan yang dilakukan dalam lingkungan sendiri disebut . . .
a.       Homogami
b.      Poligami
c.       Heterogami
d.      Eksogami
e.      Endogami
22.   Salah satu fungsi laten lembaga pendidikan adalah . . .
a.       Transmisi kebudayaan masyarakat
b.      Mengajarkan peranan sosial
c.       Membuat orang mandiri
d.      Penguluran masa ketidakdewasaan
e.      Mendapatkan lapangan pekerjaan
23.   Revolusi di negara dunia ketiga merupakan contoh dari perubahan  . . .
a.       Proses
b.      Struktural
c.       Progress
d.      Regress
e.      Bergelombang
24.   Masyarakat dan kebudayaan akan bertahan atau berubah apabila . . .
a.       Sesuai atau tidak sesuai
b.      Maju atau mundur
c.       Homogen atau heterogen
d.      Formal atau informal
e.      Religius atau sekuler
25.   Dampak negatif modernisasi masyarakat Indonesia yang berkaitan dengan sikap imitasi adalah . . .
a.       Konsumerisme
b.      Hedonisme
c.       Westernisasi
d.      Individualisme
e.      Kriminalitas
26.   Perubahan sosial di masyarakat dapat terjadi apabila . . .
a.       Adanya tekanan dari pihak luar
b.      Menyangkut sesuatu yang esensial
c.       Masyarakat sadar akan kekurangannya
d.      Dibutuhkan kelompok minoritas
e.      Terjadi pertentangan nilai
27.   Contoh perubahan sosial yang bersifat regress adalah . . .
a.       Masuknya budaya asing
b.      Gotong royong yang mulai luntur
c.       Penanganan kejahatan secara terpadu
d.      Penyuluhan bahaya narkotika
e.      Revolusi sosial di negara maju
28.   Ciri proses perubahan sosial yang menyangkut sesuatu yang menjadi pedoman masyarakat dalam bertindak adalah . . .
a.       Rusaknya lingkungan fisik dan ingkungan sosial
b.      Nilai dan norma sosial tidak berfungsi di masyarakat
c.       Timbulnya anomi dan anarki berkepanjangan
d.      Masa transisi di segala sektor kehidupan
e.      Main hakim sendiri dan rendahnya kesadaran hukum
29.   Contoh perubahan yang datang dari luar yang disebabkan oleh adanya pengaruh kerusakan fisik di luar jangkauan manusia adalah . . .
a.       Peperangan
b.      Masuknya budaya asing
c.       Bencana alam
d.      Pertambahan penduduk
e.      Penetrasi budaya
30.   Kenakalan remaja disebabkan oleh . . .
a.       Frustasi karena kegagalan
b.      Keluarga yang tidak harmonis
c.       Penyalahgunaan kebebasan
d.      Lingkungan sekolah yang tidak disiplin
e.      Semuanya benar
31.   Ciri masyarakat modern yang cocok dengan tuntutan globalisasi adalah . . .
a.       Memanfaatkan peluang dan mencari keuntungan
b.      Mandiri dan menghargai waktu
c.       Kontrol diri yang baik dan berwawasan luas
d.      Menghargai kaum lemah dan menjunjung tinggi HAM
e.      Melihat ke masa depan dan berteknologi tinggi
32.   Teknologi masyarakat modern yang memberikan hasil negatif adalah . . .
a.       Kesenjangan sosial
b.      Komunikasi yang cepat
c.       Tingginya standar hidup
d.      Transportasi yang lancar
e.      Tenaga kerja yang terampil
33.   Gejala modernisasi di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi ditandai oleh . . .
a.       Industrialisasi masyarakat yang sedang mengalami perkembangan
b.      Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dapat meningkatkan kemakmuran
c.       Semua aspek kehidupan masyarakat telah berkembang
d.      Kenakalan remaja
e.      Tindakan kriminal
34.   Pembagian kerja pada masyarakat modern didasarkan pada . . .
a.       Kedudukan seseorang
b.      Kemampuan fisik seseorang
c.       Keterampilan atau keahlian seseorang
d.      Jabatan yang dimiliki seseorang
e.      Pengalaman seseorang
35.   Kesenjangan sosial-ekonomi yang terlalu tinggi mendorong timbulnya . . .
a.       Konflik antarwarga
b.      Kecemburuan sosial
c.       Disintegrasi masyarakat
d.      Kemiskinan
e.      Kebodohan
36.   Masyarakat modern responsif terhadap pembaharuan karena . . .
a.       Ingin lebih menghargai waktu
b.      Peningkatan disiplin nasional
c.       Menikmati prestasi yang dicapai
d.      Adanya kebutuhan apa
e.      Ingin hidup makmur
37.   Motivasi masyarakat desa untuk melakukan urbanisasi adalah . . .
a.       Lebih tingginya upah buruh di desa daripada di kota
b.      Kesempatan kerja yang lebih luas dan bervariasi di kota
c.       Semakin tidak lancarnya transportasi dari desa ke kota
d.      Tersedianya harga barang yang murah dan lebih lengkap
e.      Kota dapat memberikan kebahagian manusia sepanjang hari
38.   Dampak negatif urbanisasi yang berkaitan dengan situasi di desa adalah . . .
a.       Pengangguran semakin berkurang jumlahnya
b.      Tingginya tingkat kejahatan dan kriminalitas
c.       Berkurangnya sumber daya manusia yang potensial
d.      Lahan  pertanian yang subur semakin bertambah
e.      Terjadinya kepadatan penduduk yang sangat merata
39.   Perubahan yang mendasar, yang meliputi struktur-struktur sosial dan berlangsung dalam waktu yang relatif singkat dinamakan . . .
a.       Evolusi sosial
b.      Perubahan progress
c.       Perubahan regress
d.      Revolusi sosial
e.      Pergeseran tata nilai
40.   Yang termasuk evolusi di bidang sosial adalah . . .
a.       Perubahan sistem pertanian ladang berpindah ke sistem irigasi
b.      Penerimaan masyarakat terhadap pola hidup keluarga kecil
c.       Pergantian sistem pemerintahan komunisme ke liberalisme
d.      Penggunaan bibit hibrida menggantikan bibit lokal
e.      Penggunaan mesin traktor untuk membajak tanah
41.   Pada prinsipnya, perubahan dalam masyarakat ada dua, yaitu . . .
a.       Perubahan struktural dan fungsional
b.      Perubahan konstruktif dan destruktif
c.       Perubahan fungsional dan proses
d.      Perubahan proses dan destruktif
e.      Perubahan struktural dan proses
42.   Perubahan mode pakaian adalah perubahan yang tidak luas, karena . . .
a.       Selalu menguntungkan pedagang
b.      Hanya diikuti oleh golongan tertentu
c.       Tidak ada hubungan dengan politik
d.      Hanya untuk kebutuhan sekunder
e.      Diciptakan oleh pedagang
43.   Penemuan baru secara sengaja dan direncanakan secara matang paling banyak dilihat pada bidang . . .
a.       Sosial
b.      Politik
c.       Agama
d.      Kesusasteraan
e.      Teknologi
44.   Faktor yang berpengaruh terhadap penerimaan suatu unsur baru adalah . . .
a.       Tidak sejalan dengan nilai masyarakat
b.      Sejalan dengan kemauan pemerintah
c.       Belum tersedianya alat telekomunikasi
d.      Unsur yang melandasi belum jelas
e.      Langsung dirasakan manfaatnya
45.   Faktor dominan yang mendorong timbulnya modernisasi adalah . . .
a.       Komunikasi massa
b.      Revolusi sosial
c.       Reformasi total
d.      Pendidikan
e.      Lingkungan kekotaan
46.   Modernisasi merupakan fase menuju industrialisasi karena terjadi perubahan . . .
a.       Peranan
b.      Fungsi
c.       Status
d.      Pola pikir
e.      Identitas
47.   Kesamaan modernisasi, westernisasi, dan sekularisasi terletak pada . . .
a.       Kepentingan ekonomi
b.      Kepentingan politik
c.       Kepentingan dunia
d.      Kepentingan sosial
e.      Kepentingan budaya
48.   Contoh westernisasi adalah . . .
a.       Giat belajar untuk kemajuan bangsa
b.      Berpakaian ala Michael Jackson
c.       Menghindari masuknya unsur budaya barat
d.      Mempelajari budaya barat
e.      Bepergian ke negara barat
49.   Hubungan industrialisasi dengan urbanisasi sangat erat, karena . . .
a.       Urbanisasi disebabkan oleh kesempatan kerja di bidang industri di kota
b.      Industrialisasi selalu ditunjang oelh jumlah penduduk yang banyak
c.       Industrialisasi hanya membutuhkan ilmu dan teknologi modern
d.      Urbanisasi menyebabkan perlunya pengembangan berbagai jenis industri
e.      Industri biasanya dibangun di kota dan membutuhkan tenaga kerja
50.   Manusia modern antara lain berciri menjunjung tinggi suatu sikap dimana imbalan yang diterima harus berdasarkan prestasi yang dicapai. Hal ini sejalan dengan konsep . . .
a.       Keadilan
b.      Kedaulatan
c.       Demokrasi
d.      Solidaritas
e.      Liberal
51.   Contoh modernisasi di bidang sikap dan nilai adalah . . .
a.       Menghargai semua tingkah laku orang barat
b.      Meniru mode dan kebiasaan masyarakat Amerika
c.       menolak seluruh tradisi masyarakat desa
d.      Menghargai waktu dan meningkatkan disiplin
e.      Menerima tradisi nenek moyang bangsa lain
52.   Terjadinya modernisasi di Indonesia dilandasi oleh keinginan untuk . . .
a.       Hidup lebih makmur
b.      Menikmati pembaharuan
c.       Menikmati prestasi yang dicapai
d.      Lebih menghargai waktu
e.      Peningkatan disiplin
53.   Contoh kejahatan kerah putih dalam lingkungan pemerintahan adalah . . .
a.       Manipulasi pajak kekayaan pribadi oleh konglomerat
b.      Para pegawai bermalas-malasan di kantor
c.       Melaksanakan proyek dengan memanipulasi aturan
d.      Menggunakan dana pembangunan untuk bertamasya ke luar negeri
e.      Membuat laporan nyata atas kekayaan pribadi
54.   Tantangan bangsa Indonesia dalam era globalisasi adalah . . .
a.       Semakin makmurnya rakyat
b.      Semakin lunturnya identitas nasional
c.       Semakin mudahnya akses masyarakat kepada pemerintah
d.      Semakin mudahnya para pemuda Indonesia belajar di luar negeri
e.      Semakin berkurangnya sumber daya manusia Indonesia
55.   Salah satu fungsi lembaga pendidikan adalah . . .
a.       Mengembangkan bakat seseorang secara maksimal
b.      Menciptakan masyarakat elite
c.       Menanamkan ideolog tertentu kepada seseorang
d.      Mengusahakan perdamaian nasional
e.      Memeperbaiki hubungan sosial antarmasyarakat

0 komentar:

Posting Komentar