Nama : Rifka Alfi Hidayawati
Kelas : XI IPS 1
Tugas ke 7
Soal Sosiologi kelas X
1. Sosiologi
lahir dari lontaran kekhawatiran seorang ahli filsafat Perancis yang bernama .
. .
a.
Herbert Spencer
b.
Auguste
Comte
c.
Thomas Hobbes
d.
Lester Frank Ward
2. Sosiologi
didasarkan pada hasil observasi, tidak spekulatif, dan menggunakan akal sehat. Hasil
ini menunjukkan bahwa sosiologi bersifat . . .
a.
Empiris
b.
Teoritis
c.
Kumulatif
d.
Non-etis
e.
Praktis
3. Sosiologi
berusaha untuk menyusun abstraksi dari hasil-hasil observasi. Hal ini
menunjukkan bahwa sosiologi bersifat . . .
a.
Empiris
b.
Teoritis
c.
Kumulatif
d.
Non-etis
e.
Praktis
4. Sosiologi
menjelaskan fakta-fakta secara analitis. Hal ini menunjukkan bahwa sosiologi
bersifat . . .
a.
Empriris
b.
Teoritis
c.
Kumulatif
d.
Non-etis
e.
Praktis
5. Sosiologi
adalah penelitian secara ilmiah terhadap interaksi sosial dan hasilnya adalah
organisasi sosial. Ini merupakan definisi sosiologi menurut . . .
a.
Selo Soemarjan
b.
Ogburn
c.
Durkheim
d.
Weber
e.
Spencer
6. Sosiologi
memperlajari tumbuh, bangun, dan kewajiban masyarakat. Ini merupakan definisi
sosiologi menurut . . .
a.
Selo Soemarjan
b.
Ogburn
c.
Durkheim
d.
Weber
e.
Spencer
7. Objek
sosiologi adalah . . .
a.
Benda sejarah
b.
Masyarakat
c.
Perekonomian
d.
Sistem politik
e.
Peninggalan purbakala
8. Definisi
sosiologi adalah . . .
a.
Ilmu
pengetahuan tentang pergaulan hidup manusia
b.
Ilmu yang mempelajari adat istiadat manusia
c.
Ilmu yang mempelajari hubungan manusia dengan
alam
d.
Ilmu yang mempelajari terjadinya manusia
e.
Ilmu pengetahuan tentang alam semesta
9. Sesuatu
yang dianggap berharga, berguna dan pantas oleh seseorang disebut . . .
a.
Norma
b.
Nilai
c.
Hobi
d.
Moral
e.
Tindakan
10. Contoh
nilai yang sudah melembaga dalam kehidupan masyarakat antara lain . . .
a.
Gotong
royong
b.
Sikap individualistik
c.
Sikap materialistik
d.
Konsumeristik
e.
Nepotisme
11. Sanksi
yang diberikan kepada seseorang bertujuan . . .
a.
Agar si pelaku lebih terkenal
b.
Dapat meningkatkan gengsi seseorang
c.
Agar
terdapat perubahan tingkah laku
d.
Membuat rasa malu bagi si pelanggar
e.
Membuat si pelaku kebal hukum
12. Suatu
perubahan yang diulang-ulang dalam bentuk yang sama sehingga menjadi pola
masyarakat disebut . . .
a.
Usage
b.
Folkways
c.
Adat istiadat
d.
Mores
e.
Custom
13. Norma
yang daya pengikatnya lemah adalah . . .
a.
Folkways
b.
Mores
c.
Usage
d.
Habit
e.
Custom
14. Nilai
kebenaran yang berguna bagi rohani manusia bersumber pada . . .
a.
Kepercayaan
terhadap suatu agama
b.
Keyakinan diri sendiri
c.
Perasaan manusia
d.
Unsur akal manusia
e.
Unsur indera manusia
15. Himpunan
petunjuk untuk perintah dan larangan yang mengatur tata tertib dalam suatu
masyarakat atau negara adalah . . .
a.
Norma kebiasaan
b.
Norma
c.
Norma adat
d.
Norma agama
e.
Norma
kesusilaan
16. Kehidupan
dalam suatu masyarakat akan berjalan tertib dan teratur jika anggota masyarakat
sendiri bertindak sesuai dengan yang diharapka, yang berpedoman pada . . .
a.
Apa yang dikehendaki
b.
Kebiasaan yang telah mendarah daging
c.
Aturan penguasa
d.
Norma
yang berlaku
e.
Simbol-simbol kekuasaan
17. Segala
sesuatu yang berguna bagi unsur manusia disebut nilai . . .
a.
Material
b.
Vital
c.
Kerohanian
d.
Kebaikan
e.
Kebenaran
18. Nilai-nilai
sosial mempunyai fungsi umum, antara lain . . .
a.
Mengukur usaha manusia dalam memperlakukan nilai
tersebut
b.
Mengukur kedudukan seseorang dalam menggunakan
nilai tersebut
c.
Mengarahkan
manusia dalam berpikir dan bertingkah laku
d.
Mengukur seberapa banyak orang yang menganut
nilai tersebut
e.
Merupakan langkah awal bagi manusia untuk
memperkuat kekuasaannya
19. Aturan
yang disebut dalam masyarakat untuk mencapai keseimbangan sosial disebut . . .
a.
Nilai
b.
Adat istiadat
c.
Pandangan hidup
d.
Norma
e.
Kebiasaan
20. Dilarang
mencuri, membunuh dan memperkosa. Hal tersebut menunjukkan adanya keterikatan
antara norma yang satu dengan norma yang lain, yaitu antara . . .
a.
Norma kesopanan dengan norma kebiasaan
b.
Norma kelakuan dengan norma hukum
c.
Norma
hukum dengan norma agama
d.
Norma kebiasaan dengan adat istiadat
e.
Norma agama dengan norma kesopanan
21. Aturan
yang umumnya tidak tertulis, tetapi tetap dianut oleh masyarakat, dan bagi
siapa saja yang melanggar tetap dikenakan sanksi, yaitu . . .
a.
Adat
istiadat
b.
Norma kesusilaan
c.
Tata kelakuan
d.
Norma hukum
e.
Norma kebiasaan
22. Tata
kelakuan yang kekal dan kuat integritasnya disebut . . .
a.
Usage
b.
Mores
c.
Folkways
d.
Custom
e.
Tingkah laku
23. Petunjuk
hidup yang berasal dari akhlak dan hati nurani tentang apa yang baik dan apa
yang buruk dinamakan norma . . .
a.
Agama
b.
Kesusilaan
c.
Kesopanan
d.
Kebiasaan
e.
Hukum
24. Cara-cara
berpakaian anak muda zaman dulu berbeda dengan anak muda zaman sekarang. Hal
ini menandakan adanya perbedaan . . .
a.
Tata kelakuan
b.
Tata krama
c.
Tata nilai
d.
Tata busana
e.
Tata
budaya
25. Norma
hukum bagi masyarakat mempunyai sifat sebagai berikut . . .
a.
Tidak dapat dipisahkan karena harus ada
kesadaran
b.
Dapat
dipaksakan karena berlaku untuk umum
c.
Tergantung situasi dan kondisi masyarakat
d.
Tegantung jenis
pelanggaran dan jenis sanksinya
e.
Tingkatannya paling rendah dan sanksinya ringan
26. Salah
satu sumber informasi yang mendasari iteraksi adalah . . .
a.
Sikap diri
b.
Letak geografis
c.
Sosialisasi
d.
Asal-usul
e.
Penampilan fisik
27. Berikut
ini yang merupakan tahapan dalam proses mendekatkan, adalah . . .
a.
Terminating
b.
Describing
c.
Stragnating
d.
Intensifying
e.
Extensifying
28. Adanya
kecenderungan atau keinginan dalam diri seseorang untuk menjadi sama dengan
pihak lain disebut . . .
a.
Sugesti
b.
Imitasi
c.
Simpati
d.
Asimilasi
e.
Identifikasi
29. Pada
zaman modern seperti sekarang, banyak orang menggunakan berbagai jenis
peralatan modern sepertin telepon genggam, telegram, dan faksimili. Dengan
peralatan itu dapat terjadi . . .
a.
Kontak
b.
Akomodasi
c.
Komunikasi
d.
Akulturasi
e.
Interaksi
30. Bila
seseorang telah mengadakan hubungan langsung seperti tatap muka, maka orang
tersebut telah mengadakan . . .
a.
Kontak sekunder
b.
Kontak sekunder langsung
c.
Interaksi
d.
Kontak
primer
e.
Kontak sekunder tidak langsung
31. Kontravensi
merupakan bentuk proses sosial yang berada antara . . .
a.
Persaingan
dan pertentangan
b.
Akomodasi dan asimilasi
c.
Kerjasama dan persaingan
d.
Pertentangan dan konflik
e.
Persaingan dan akomodasi
32. Jumlah
pelakunya lebih dari dua. Adanya komunikasi antara pelaku dengan menggunakan
simbol atau lambang. Hal ini merupakan ciri dari . . .
a.
Integrasi sosial
b.
Perubahan sosial
c.
Interaksi
sosial
d.
Komunikasi sosial
e.
Kontak sosial
33. Usaha
manusia untuk meredakan ketegangan dan mencapai kestabilan disebut . . .
a.
Akomodasi
b.
Asosiasi
c.
Asimilasi
d.
Mediasi
e.
Akulturasi
34. Salah
satu faktor yang mempengaruhi interaksi sosial adalah sugesti. Sugesti berarti
. . .
a.
Meniru perbuatan orang lain dengan berbagai perubahan
b.
Melakukan perbuatan sama seperti pihak lain
c.
Merasakan seperti apa yang dirasakan pihak lain
d.
Mengikuti
pihak lain tanpa menggunakan alasan
e.
Melakukan perbuatan tanpa memperhatikan
keberadaan orang lain
35. Simpati
bukan hanya berpengaruh secara psikis saja tetapi dapat berpengaruh juga
terhadap . . .
a.
Fisik
b.
Perasaan
c.
Emosi
d.
Sikap
e.
Perilaku
36. Ada
empat macam jarak dalam interaksi sosial. Salah satunya adalah . . .
a.
Jarak waktu
b.
Jarak ruang
c.
Jarak
pribadi
d.
Jarak tempat
e.
Jarak media
37. Ikut
merasakan kebahagiaan atau kesedihan yang dialami orang lain termasuk bentuk .
. .
a.
Antipati
b.
Empati
c.
Identifikasi
d.
Simpati
e.
Sugesti
38. Pada
identifikasi, seseorang merasa ingin belajar untuk dapat menyamai . . .
a.
Ayahnya
b.
Ibunya
c.
Gurunya
d.
Temannya
e.
Tokoh
idolanya
39. Contoh
tindakan yang termasuk interaksi sosial adalah . . .
a.
Soni membaca majalah detektif
b.
Ira bersenandung di kamar mandi
c.
Eka melihat-lihat album foto
d.
Dodi menendang-nendang kaleng di jalanan
e.
Ibu
Kun mengajar tata negara di kelas tiga IPS
40. Komunikasi
dikatakan efektif jika . . .
a.
Tujuan
yang diharapkan dari berkomunikasi tercapai
b.
Pesan yang disampaikan telah sampai di tujuan
c.
Adanya kegembiraan para komunikan
d.
Munculnya pesan-pesan berantai
e.
Komunikan berlomba untuk mengadakan kontak
41. Bentuk
interaksi antarindividu dengan kelompok berikut ini adalah . . .
a.
Adik meminta uang jajan kepada ibunya
b.
Penonton pertandingan bola berteriak secara
serempak
c.
Ibu
dan bapak bercakap-cakap di ruang tamu
d.
Toto melihat- lihat foto teman sekolahnya
e.
Ibu Indah mengajar sosiologi di kelas dua
42. Kontak
yang terjadi antara masing-masing pihak melalui surat atau telepon termasuk
kontak . . .
a.
Sekunder tidak langsung
b.
Primer langsung
c.
Sekunder
d.
Primer tidak langsung
e.
Sekunder langsung
43. Bila
si anak mulai menyesuaikan diri dengan adat istiadat atau perilaku kelompoknya
maka anak tersebut sudah mulai . . .
a.
Menengal norma
b.
Belajar bergaul
c.
Memahami nilai
d.
Berintegrasi
e.
Bersosialisasi
44. Nilai
dan norma sosial menjadi penentu . . .
a.
Martabat seseorang di masyarakat
b.
Agen sosialisasi primer dan sekunder
c.
Bagaimana
pola sosialisasi berlansung dalam diri seseorang
d.
Diterima atau tidaknya seseorang dalam suatu
kelompok sosial
e.
Kesamaan derajat dengan orang lain di masyarakat
45. Jika
seorang anak tidak pernah bersosialisasi, maka . . .
a.
Ia
akan hidup sebagai orang yang berkepribadian ganda
b.
Ia akan mempunyai rasa percaya diri yang besar
c.
Ia tidak akan berperilaku seperti layaknya
manusia
d.
Kemampuannya akan tetap sama seperti anak yang
bersosialisasi
e.
Ia akan lebih terampil dibanding teman sebayanya
46. Apabila
proses sosialisasi menemui kegagalan maka yang terjadi pada diri anak adalah .
. .
a.
Timbul perilaku yang tidak baik
b.
Perubahan
sikap pada dirinya
c.
Timbul rasa lebih bertanggung jawab
d.
Timbul semangat baru
e.
Lebih bisa menghadapi tantangan
47. Kemampuan
berbahasa seorang anak berasal dari . . .
a.
Bakat yang ada dalam dirinya
b.
Pembawaan sejak lahir
c.
Kemampuan yang diperoleh dengan sendirinya
d.
Hasil
proses belajar
e.
Hasil ciptaan sendiri
48. Agen
sosialisasi pada tahap awal pembentuk kepribadian anak adalah . . .
a.
Teman bermain
b.
Teman belajar
c.
Keluarga
d.
Sekolah
e.
Media massa
49. Iklan
yang ditayangkan melalui media televisi mempunyai pengaruh besar terhadap
perkembangan hidup di masyarakat karena iklan berpotensi memicu . . .
a.
Perubahan
pola hidup masyarakat
b.
Terjadinya benturan kepentingan
c.
Terjadinya kebrutalan anak-anak
d.
Timbulnya perilaku yang khas di masyarakat
e.
Perubahan pola pikir yang cenderung amoral
50. Jika
seseorang ingin diterima menjadi anggota kelompok sosial, maka ia harus
menjalani proses . . .
a.
Institusionalisasi
b.
Nasionalisasi
c.
Sosialisasi
d.
Normalisasi
e.
Internalisasi
51. Salah
satu faktor pembentuk kepribadian seseorang adalah . . .
a.
Derajat
b.
Bahasa
c.
Agama
d.
Lingkungan
fisik
e.
Harta
52. Bagi
orang tua dan masyarakat, sosialsasi mempunyai arti penting sebagai . . .
a.
Alat untuk melestarikan nilai dan norma terhadap
generasi berikutnya
b.
Cara untuk menjaga wibawa keluarga dan
masyarakat secara khusus
c.
Alat untuk memperkenalkan masa kedewasaan
anggota kelompoknya
d.
Cara untuk mempelajari kesabaran dalam
menghadapi lingkungan
e.
Alat
untuk melatih kemampuan berkomunikasi dengan sesamanya
53. Fungsi
sosialisasi primer adalah . . .
a.
Membentuk manusia yang profesional
b.
Meletakkan
dasar kepribadian individu
c.
Sebagai media transformasi budaya
d.
Membentuk individu siap kerja
e.
Memberi perlidungan individu dari gangguan
54. Sosialisasi
sekunder terjadi melalui agen-agen berikut, yaitu . . .
a.
Keluarga, masyarakat, dan sekolah
b.
Teman
bermain, sekolah, dan media massa
c.
Sekolah, media massa, dan keluarga
d.
Ayah, ibu, dan anggota kerabat
e.
Tetangga, masyarakat, dan keluarga
55. Peranan
sekolah dalam sosialisasi sangat berhubungan dengan kepastian ekonomi karena .
. .
a.
Semua sekolah dapat menciptakan lapangan
pekerjaan
b.
Sekolah adalah tempat bermain dan belajar
c.
Sekolah
mengajarkan keterampilan dan pengetahuan
d.
Kurangnya sekolah merupakan indikator kemiskinan
suatu daerah
e.
Kulaitas manusia ditentukan oleh tingkat
pendidikan
56. Proses
sosialisasi primer yang tidak sempurna antara lain disebabkan oleh . . .
a.
Anak
yang dilahirkan dalam keadaan cacat
b.
Terjadinya peperangan atau disintegrasi keluarga
c.
Perubahan masyarakat yang terlalu cepat dan mendasar
d.
Kenakalan remaja yang semakin gencar dan
meresakan
e.
Tidak adanya kepastian hukum di masyarakat
57. Salah
satu contoh fungsi media massa dalam sosialisasi sekunder adalah . . .
a.
Membuat masyarakat menjadi konsumtif
b.
Menanamkan nilai-nilai yang sifatnya fundamental
c.
Membudayakan masyarakat selalu bertindak secara
formal
d.
Menanamkan rasa tentram dan damai melalui berita
yang disajikan
e.
Menjaga
ketertiban dan keamanan masyarakat
58. Masa
di mana seorang anak mulai belajar mengambil peranan orang-orang yang berada di
sekitarnya dengan meniru disebut . . .
a.
Play
stage
b.
Game stage
c.
Generalized stage
d.
Masa akil balig
e.
Masa kanak-kanak
59. Tahap
dimana seorang anak hanya mengetahui peranan yang harus dijalankannya, tetapi
mengetahui peranan yang dijalankan orang lain dengan siapa ia berinteraksi
adalah . . .
a.
Play stage
b.
Game
stage
c.
Generalized stage
d.
Masa akil balig
e.
Masa kanak-kanak
60. Tahap
dimana seorang anak telah memahami peranan orang lain yang lebih luas dan
melalui interaksi pula ia mampu memilih peranan yang ia kehendaki disebut . . .
a.
Play stage
b.
Game stage
c.
Generalized
stage
d.
Masa akil balig
e.
Masa kanak-kanak
61. Sosialisasi
melalui lembaga-lembaga yang berwenang merupakan tipe sosialisasi . . .
a.
Formal
b.
Informal
c.
Material
d.
Immaterial
e.
Primer
62. Sosialisasi
dalam pergaulan merupakan tipe sosialisasi . . .
a.
Formal
b.
Informal
c.
Material
d.
Immaterial
e.
Primer
63. Perilaku
menyimpang adalah tindakan pelanggaran yang dilakukan individu atau kelompok
terhadap . . .
a.
Kaidah
b.
Nilai
c.
Struktur
d.
Sistem
e.
Perilaku
64. Perilaku
menyimpang yang termasuk dalam tindakan kriminal adalah . . .
a.
Kumpul kebo, narkotik, pembunuhan
b.
Kumpul kebo, penganiayaan, korupsi
c.
Penipuan,
pemerkosaan, penganiayaan
d.
Penipuan, kolusi, narkotik
e.
Korupsi, arogansi, kolusi
65. Cara
untuk menertibkan masyarakat yang melanggar aturan disebut . . .
a.
Lembaga sosial
b.
Pengendalian
sosial
c.
Penaatan sosial
d.
Keteraturan sosial
e.
Ketertiban sosial
Soal sosiologi kelas XI
1. Berikut
ini merupakan ciri struktur sosial, yaitu . . .
a.
Struktur sosial mengacu pada status dan peranan
b.
Struktur sosial dapat dilihat secara vertikal
c.
Struktur
sosial merupakan seluruh kebudayaan masyarakat
d.
Struktur sosial dapat dilihat secara horizontal
e.
Struktur sosial memiliki hubungan yang aneh
2. Kekayaan,
pekerjaan, dan pendidikan merupakan dasar penggolongan masyarakat secara . . .
a.
Horizontal
b.
Vertikal
c.
Longitudinal
d.
Searah
e.
Horizontal dan Vertikal
3. Kemajemukan
sosial dalam suatu masyarakat didasarkan pada . . .
a.
Ras
dan Agama
b.
Ras dan Pendidikan
c.
Pekerjaan dan Kekuasaan
d.
Kekayaan dan Etnis
e.
Kekuasaan dan Klen
4. Yang
termasuk ke dalam ciri fenotip kuantitatif adalah . . .
a.
Bentuk rambut dan golongan darah
b.
Bentuk amta dan jantung
c.
Bentuk hidung dan golongan darah
d.
Golongan darah dan jantung
e.
Warna
kulit dan bentuk rambut
5. Yang
termasuk ke dalam ras Mongoloid adalah . . .
a.
Indonesia
dan Cina
b.
India dan Pakistan
c.
Afrika dan Jerman
d.
Jerman dan India
e.
Afrika dan India
6. Rico
memiliki ayah berkebangsaan Jerma, sedangkan ibunya adalah orang Indonesia
asli. Dalam masyarakat kita, Rico disebut sebagai anak indo atau anak hasil
perkawinan campuran yang dikenal dengan istilah . . .
a.
Mestizo
b.
Amalgamasi
c.
Akulturasi
d.
Asimilasi
e.
Difusi
7. Pada
masyarakat Minangkabau, klen yang didasarkan pada garis keturunan ibu disebut .
. .
a.
Marga
b.
Fratri
c.
Paroh
d.
Paruik
e.
Fam
8. Suku
bangsa di Indonesia memiliki keragaman budaya dan bahasa, namun secara fisik
tidak terdapat perbedaan yang mencolok karena . . .
a.
Tidak ada konflik
b.
Kesamaan pengalaman
c.
Amalgamasi
d.
Memiliki wilayah yang sama
e.
Toleransi dan tenggang rasa
9. Yang
termasuk ke dalam suku bangsa Nusa Tenggara adalah . . .
a.
Bugis dan Flores
b.
Ternate dan Tidore
c.
Banjar dan Timor
d.
Manggarai
dan Dompu
e.
Bali dan Asmat
10. Hidung
mancung, kulit putih, rambut pirang merupakan ciri khas . . .
a.
Mongoloid
b.
Kaukasoid
c.
Negroid
d.
Austroloid
e.
Veddoid
11. Ahli
yang mengemukakan bahwa stratifikasi sosial merupakan penggolongan orang-orang
ke dalam lapisan-lapisan hierarki menurut dimensi kekuasaan, hak-hak istimewa,
dan prestise adalah . . .
a.
Pitirim A. Sorokin
b.
Karl Marx
c.
Cuber
d.
Emile Durkheim
e.
Max
Weber
12. Faktor
penentu stratifikasi sosial pada masyarakat bercocok tanam adalah . . .
a.
Pembuka
lahan
b.
Kepandaian berburu
c.
Jenis kelamin
d.
Harta benda
e.
Umur
13. Kondisi
yang mendorong terciptanya stratifikasi dalam masyarakat adalah . . .
a.
Melimpahnya kekayaan alam
b.
Kerjasama dalam mengerjakan tugas
c.
Perbedaan ras dan budaya
d.
Prestise sosial
e.
Status
dan peranan seseorang
14. Ibnu
adalah murid yang rajin dan sangat disegani oleh teman-temannya. Karena
ketekunannya, Ibnu dianugerahi gelar sebagai siswa teladan oleh kepala sekolah.
Hal ini menunjukkan cara memperoleh status yang disebut . . .
a.
Assigned status
b.
Ascribed
status
c.
Achieved
status
d.
Konflik status
e.
Status individual
15. Astrid
adalah seorang anak yang berasal dari keluarga kaya. Setiap hari ia selalu
diantar dan dijemput dengan mobil pribadi ke sekolah. Ia selalu menggunakan tas
dan sepatu yang terbaru dan merek yang mahal. Hal yang ditunjukkan oleh Astrid
tersebut merupakan contoh . . .
a.
Konflik status
b.
Assigned
status
c.
Achieved
status
d.
Simbol
status
e.
Status istimewa
16. Ibu
Dina adalah seorang guru di sekolah X. Ia merasa bingung melihat anaknya yang
setiap hari bolos sekolah. Sebagai seorang ibu, ia ingin melindungi anaknya. Namun,
sebagai seorang guru, ia harus bersikap adil pada setiap anak didiknya, tidak
terkecuali anaknya sendiri. Konflik yang dialami Ibu Dina merupakan . . .
a.
Konflik status antarindividu
b.
Konflik status antarkelompok
c.
Konflik status antara individu dengan kelompok
d.
Konflik
status individual
e.
Konflik status antara individu dengan masyarakat
17. Resi
adalah seorang anak petani. Namun, karena kegigihan dan keuletannya, kini ia
berhasil menjadi seorang pengusaha makanan yang sangat sukses. Kemampuan Resi
untuk meningkatkan status sosialnya hanya mungkin terjadi pada sistem pelapisan
sosial . . .
a.
Tertutup
b.
Terbuka
c.
Campuran
d.
Semi terbuka
e.
Semi tertutup
18. Perhatikan
pernyataan-pernyataan berikut !
1.
Tahapan perubahan perkembangan dalam masyarakat
2.
Alat solidaritas sosial dalam masyarakat
3.
Penentu lambang atau kedudukan
4.
Penentu tingkat mudah sukarnya bertukar
kedudukan
5.
Pengawas sosial
Pernyataan
yang termasuk ke dalam fungsi stratifikasi sosial adalah . . .
a.
1, 2, dan 3
b.
1, 3, dan 5
c.
1, 3, dan 4
d.
2, 3,
dan 4
e.
2, 3, dan 5
19. Dokter,
pengacara, dan insyinyur merupakan contoh pelapisan masyarakat di negara
demokratis, yaitu . . .
a.
Skill
b.
Semi
skill
c.
Semi profesional
d.
Elite
e.
Profesional
20. Pak
Imran memiliki status sosial tinggi dalam masyarakat karena ia merupakan salah
satu anggota DPR. Hal ini menunjukkan pelapisan sosial yang terjadi karena . .
.
a.
Pendidikan
b.
Kekayaan
c.
Keturunan
d.
Politik
e.
Jenis kelamin
21. Primordialisme
dapat terjadi karena . . .
a.
Adanya suatu sikap untuk mempertahankan keutuhan
suatu kelompok sosial
b.
Adanya
keinginan untuk mempertahankan keinginan pribadi
c.
Adanya kecintaan pada bangsa dan negara
d.
Adanya pembagian tugas yang terspesialisasi
e.
Adanya dominasi terhadap kelompok minoritas
22. Pemberlakuan
politik apartheid di Afrika Selatan merupakan contoh . . .
a.
Primordialisme
b.
Sektarian
c.
Etnosentrisme
d.
Chauvinisme
e.
Nasionalisme
23. Dampak
positif sikap etnosentrisme adalah . . .
a.
Memperteguh
rasa cinta terhadap kebudayaan atau bangsa
b.
Meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa
c.
Meningkatkan keberagaman budaya
d.
Meningkatkan rasa tenggang rasa
e.
Memperteguh rasa cinta terhadap sesama
24. Berkembangnya
globalisasi memicu gaya hidup konsumtif pada masyarakat Indonesia. Hal ini
bertentangan dengan prinsip hidup sederhana yang dijunjung tinggi oleh
masyarakat pada umumnya. Dalam kondisi itu, timbullah konflik yang disebabkan
oleh . . .
a.
Perubahan
sosial
b.
Perbedaan kepentingan
c.
Perbedaan antarindividu
d.
Perbedaan kebudayaan
e.
Perbedaan antarkelompok
25. Pak
Beno tidak menyukai Pak Rino karena ia telah mempemalukannya di depan umum. Oleh
karena itu, Pak Beno menyantet Pak Rino untuk membalas rasa sakit hatinya. Tindakan
yang dilakukan oleh Pak Beno termasuk ke dalam konflik . . .
a.
Realistis
b.
Rasial
c.
Non-realistis
d.
Peranan sosial
e.
Status sosial
26. Konflik
antaragama yang terjadi di Poso beberapa waktu lalu merupakan contoh . . .
a.
Konflik internasional
b.
Konflik
out-group
c.
Konflik non realistis
d.
Konflik in-group
e.
Konflik kelas sosial
27. Berikut
ini, yang merupakan dampak positif dari sebuah konflik adalah . . .
a.
Meningkatkan solidaritas kelompok
b.
Mengubah
kepribadian individu
c.
Meningkatkan integrasi
d.
Meningkatkan rasa tenggang rasa antarindividu
e.
Menghilangkan rasa dendam dan benci dalam
masyarakat
28. Konflik
dapat berfungsi sebagai . . .
a.
Pemersatu
hubungan sosial
b.
Penunjuk kekuatan dan stabilitas hubungan sosial
c.
Pemenuh kebutuhan sosial
d.
Mendorong pihak yang bertikai untuk saling
memaafkan
e.
Alat pemersatu bagi anggotanya
29. Mengintimidasi,
memfitnah, dan meneror seseorang merupakan contoh kekerasan . . .
a.
Langsung
b.
Subjektif
c.
Objektif
d.
Tidak
langsung
e.
Struktural
30. Integrasi
yang terjadi akibat adanya norma-norma yang berlaku dalam masyarakat disebut .
. .
a.
Integrasi koersif
b.
Integrasi fungsional
c.
Integrasi struktural
d.
Integrasi nasional
e.
Integrasi
normatif
31. Wayne
Rooney hanyalah seorang anak dari keluarga biasa di kota Liverpool. Namun,
karena determinasinya yang luar biasa, kini ia menjadi salah satu pesepakbola
yang sukses dan terhebat di Inggris. Hal ini menunjukkan mobilitas sosial . . .
a.
Vertikal ke atas
b.
Vertikal ke bawah
c.
Horizontal
d.
Antargenerasi
e.
Intragenerasi
32. Ellyas
Picas adalah salah satu petinju kebanggaan Indonesia. Namun, kini ia harus
terlibat dengan hukum karena kasus narkoba. Hal ini menunjukkan mobilitas sosial
. . .
a.
Vertikal ke atas
b.
Vertikal ke bawah
c.
Horizontal
d.
Antargenerasi
e.
Intragenerasi
33. Pak
Imran dan keluarganya pindah ke kota Surabaya untuk memperoleh kehidupan yang
lebih baik. Hal itu merupakan contoh mobilitas sosial . . .
a.
Vertikal
b.
Horizontal
c.
Antargenerasi
d.
Intragenerasi
e.
Geografis
34. Yang
menjadi salah satu faktor penghambat mobilitas sosial adalah . . .
a.
Situasi politik
b.
Perbedaan
ras dan agama
c.
Tingkat fertilitas yang berbeda
d.
Perubahan kondisi sosial
e.
Komunikasi yang bebas
35. Dampak
negatif dari mobilitas sosial adalah . . .
a.
Konflik
antargenerasi
b.
Timbulnya etnosentrisme
c.
Turunnya status sosial
d.
Terjadi disintegrasi
e.
Kemunduran masyarakat
36. Andi
merupakan seorang siswa SMU A, namun karena ia merasa kurang cocok dengan
sistem belajar di SMU tersebut, ia memutuskan untuk pindah ke SMU Z. Hal
tersebut merupakan contoh dari mobilitas sosial . . .
a.
Antargenerasi
b.
Intragenerasi
c.
Horizontal
d.
Vertikal turun
e.
Vertikal naik
37. Yang
termasuk ke dalam cara mobilitas sosial adalah . . .
a.
Pendidikan
b.
Perubahan tempat tinggal
c.
Kerja keras
d.
Organisasi politik
e.
Perubahan kebiasaan hidup
38. Peralihan
status sosial yang terjadi dalam satu generasi yang sama disebut . . .
a.
Mobilitas
intragenerasi
b.
Mobilitas geografis
c.
Mobilitas antargenerasi
d.
Mobilitas vertikal
e.
Mobilitas horizontal
39. Banyaknya
penduduk Irak yang mengungsi ke negara tetangga akibat invasi amerika pada
tahun 2003, menunjukkan bahwa mobilitas sosial dapat terjadi karena . . .
a.
Perkawinan
b.
Perubahan kondisi sosial
c.
Tingkat fertilitas yang berbeda
d.
Situasi
politik
e.
Pembagian kerja
40. Ahli
yang mengemukakan bahwa mobilitas sosial merupakan suatu gerak perpindahan dari
satu kelas sosial ke kelas sosial yang lainnya adalah . . .
a.
Pitirim A. Sorokin
b.
Paul
B. Horton
c.
Chester L. Hunt
d.
Peter Berger
e.
C. Wright Mills
Evaluasi Semester 2
1. Kebudayaan
berasal dari bahasa Sanskerta yaitu . . .
a.
Dharma
b.
Buddhayah
c.
Prasetya
d.
Satya
e.
Prapanca
2. Perilaku,
bahasa, dan materi merupakan contoh kebudayaan yang bersifat . . .
a.
Konkret
b.
Abstrak
c.
Berpola
d.
Mengikat
e.
Tradisi
3. Kebudayaan
merupakan suatu hal yang bersifat turun-temurun dari satu generasi ke generasi.
Artinya, kebudayaan merupakan . . .
a.
Supernatural
b.
Superorganik
c.
Superior
d.
Berpola
e.
Supremasi
4. Yang
termasuk ke dalam unsur-unsur kebudayaan adalah . . .
a.
Sistem
ekonomi
b.
Perkawinan
c.
Suku bangsa
d.
Pluralisme
e.
Persatuan
5. Kalau
kita merasa kedinginan, kita akan memakai pakaian yang lebih tebal. Kita
berbeda dengan hewan yang telah memiliki bulu yang tebal untuk melindungi
tubuhnya dari udara dingin. Hal ini menunjukkan bahwa . . .
a.
Kebudayaan merupakan hal yang kita miliki
bersama
b.
Kebudayaan merupakan hasil integrasi
c.
Kebudayaan didasarkan pada lambang
d.
Kebudayaan adalah hasil belajar
e.
Kebudayaan
bersifat universal
6. Simbol
terpenting dalam kebudayaan masyarakat adalah . . .
a.
Artefak
b.
Kesenian
c.
Pakaian
d.
Alat musik
e.
Bahasa
7. Sistem
mata pencaharian paling tua dalam kebudayaan manusia adalah . . .
a.
Bercocok tanam
b.
Beternak
c.
Berburu
dan meramu
d.
Berladang
e.
Bertani
8. Suatu
bentuk kelompok kekerabatan di mana satu dan lainnya terikat melalui garis
keturunan laki-laki saja atau perempuan saja disebut . . .
a.
Kekerabatan
b.
Klen
kecil
c.
Fratri
d.
Paroh masyarakat
e.
Klan besar
9. Suku
bangsa Batak dan Manggarai menganut sistem kekerabatan . . .
a.
Patrilineal
b.
Matrilineal
c.
Ambilineal
d.
Unilineal
e.
Bilateral
10. Yang
termasuk ke dalam fungsi khusus bahasa adalah . . .
a.
Mempelajari naskah-naskah kuno
b.
Alat
komunikasi
c.
Alat untuk mengekspresikan diri
d.
Alat untuk mengintegrasi dan beradaptasi sosial
e.
Alat pemersatu bangsa
11. Ayam
Den Lapeh merupakan lagu daerah yang berasal dari . . .
a.
Aceh
b.
Jawa Barat
c.
Sumatera Utara
d.
Sumatera
Barat
e.
Riau
12. Proses
sosial yang dapat mengakibatkan perubahan pada sistem kemasyarakatan adalah . .
.
a.
Difusi
b.
Asimilasi
c.
Orijinasi
d.
Akulturasi
e.
Inovasi
13. Perhatikan
pernyataan-pernyataan berikut !
1.
Unsur baru yang berlawanan dengan unsur lama
kemungkinan besar tidak diterima
2.
Adanya suatu pengakuan bahwa unsur baru tersebut
mempunyai kegunaan
3.
Kemampuan untuk mendemonstrasikan manfaat
penemuan baru tersebut
4.
Pemimpin dapat membatasi proses difusi
5.
Adanya pengakuan terhadap kegunaan penemuan baru
Pernyataan
yang termasuk ke dalam faktor-faktor yang mempengaruhi difusi intramasyarakat
adalah . . .
a.
1, 2, dan 3
b.
1, 2,
dan 4
c.
1, 3, dan 5
d.
2, 3, dan 4
e.
2, 3, dan 5
14. Masuknya
Islam di Indonesia merupakan contoh . . .
a.
Penetration violence
b.
Penetration
pasifique
c.
Difusi
d.
Inovasi
e.
Discovery
15. Penemuan
unsur kebudayaan yang baru, baik berupa alat atau gagasan disebut . . .
a.
Invention
b.
Inovasi
c.
Discovery
d.
Difusi
e.
Asimilasi
16. Kriteria
kelompok yang diungkapkan oleh Merton adalah . . .
a.
Ditandai
dengan sering terjadinya interaksi
b.
Merupakan sekumpulan orang yang mandiri
c.
Memiliki rasa kekeluargaan yang erat
d.
Memiliki hukum yang bersifat memaksa
e.
Memiliki kesadaran untuk saling menolong
17. Masyarakat
yang telah mengenal pembagian kerja dan memiliki kesempatan antaranggota
disebut . . .
a.
In-group
b.
Kelompok primer
c.
Solidaritas mekanik
d.
Solidaritas
organik
e.
Paguyuban
18. Bentuk
terkecil dalam suatu kelompok sosial disebut . . .
a.
Dyad
b.
Monad
c.
Triad
d.
In-group
e.
Out-group
19. Perasaan
dalam dan luar kelompok merupakan dasar dari . . .
a.
Chauvinisme
b.
Nasionalisme
c.
Primordialisme
d.
Etnosentrisme
e.
Sukuisme
20. Sejumlah
orang yang mengerumuni korban kecelakaan mobil merupakan contoh . . .
a.
Kelompok dalam
b.
Kerumunan
c.
Kelompok luar
d.
Publik
e.
Kolektif
21. Teman
sepermainan dan keluarga merupakan contoh . . .
a.
Kelompok
primer
b.
Kelompok luar
c.
Kelompok sekunder
d.
Kelompok sosial
e.
Kerumunan
22. Berikut
ini, yang merupakan ciri-ciri paguyuban adalah . . .
a.
Ekslusif
b.
Inklusif
c.
Terbuka
d.
Berdasarkan perjanjian
e.
Memiliki struktur
23. Pandangan
yang menyatakan bahwa orang Cina bersifat licik merupakan contoh . . .
a.
Stereotip
b.
Antipati
c.
Antagonisme
d.
Prasangka
e.
Primordialisme
24. Yang
termasuk ke dalam bentuk dominasi adalah . . .
a.
Genosida dan akulturasi
b.
Genosida
dan segregasi
c.
Difusi dan asimilasi
d.
Segregasi dan integrasi
e.
Integrasi dan pluralisme
25. Semboyan
Bhineka Tunggal Ika yang dimiliki bangsa Indonesia menunjukkan bahwa masyarakat
Indonesia merupakan . . .
a.
Masyarakat
majemuk
b.
Masyarakat sosialis
c.
Masyarakat otoriter
d.
Masyarakat demokratis
e.
Masyarakat modern
26. Yang
termasuk ke dalam pola hubungan patenalisme adalah . . .
a.
Masyarakat madani
b.
Masyarakat
kolonial
c.
Masyarakat agraris
d.
Masyarakat majemuk
e.
Masyarakat status
27. Keinginan
manusia untuk hidup bersama dengan orang lain disebut . . .
a.
Insting
b.
Gregariousness
c.
Hasrat
d.
Pengelompokan sosial
e.
Naluri
28. Kelompok
primer dalam masyarakat Indonesia dikenal pula dengan sebutan . . .
a.
Patembayan
b.
Paguyuban
c.
Kelompok sosial
d.
Masyarakat majemuk
e.
Masyarakat perkotaan
29. Sikap
terhadap kelompok luar ditandai dengan .
. .
a.
Simpati
b.
Perasaan senasib
c.
Kekerasan
d.
Antipati
e.
Konflik
30. Kinloch
mengemukakan kriteria yang mendasari hubungan antarkelompok yaitu . . .
a.
Kriteria
kebudayaan
b.
Kriteria kekuasaan
c.
Kritertia pekerjaan
d.
Kriteria peranan sosial
e.
Kriteria pendidikan
31. Karakteristik
keragaman masyarakat menurut Van den Berghe adalah . . .
a.
Adanya
dominasi politik oleh suatu kelompok atas kelompok lain
b.
Musyarawah untuk menyelesaikan konflik
c.
Mengembangkan rasa saling tenggang rasa yang
sangat tinggi
d.
Memiliki segmentasi budaya yang jelas
e.
Memiliki keragaman budaya
32. Dasar
berpikir dari masyarakat multikulturalisme adalah . . .
a.
Pluralisme
b.
Etnosentrisme
c.
Multikulturalisme
d.
Liberalisme
e.
Demokratisasi
33. Masyarakat
yang berusaha untuk membatasi pergaulannya dengan masyarakat lain yang dianggap
dapat merusak budayanya disebut . . .
a.
Masyarakat desa
b.
Masyarakat
enklusif
c.
Masyarakat inklusif
d.
Masyarakat nelayan
e.
Masyarakat pertanian
34. Perhatikan
pernyataan-pernyataan berikut!
1.
Pola pikir cenderung rasional
2.
Cenderung bersifat sekuler
3.
Religius magis
4.
Tingkat mobilitas sosial rendah
5.
Sangat tergantung pada alam
Yang termasuk
ke dalam ciri masyarakat desa adalah . . .
a.
1, 2, dan 3
b.
1, 2, dan 4
c.
2, 3, dan 4
d.
2, 3, dan 5
e.
3, 4,
dan 5
35. Faktor
yang mempengaruhi terjadinya konflik dalam masyarakat Indonesia adalah . . .
a.
Adanya
perbedaan sikap atau pendirian
b.
Sikap menerima perubahan secara kritis
c.
Sangat percaya pada rasionalitas
d.
Terjadinya disintegrasi bangsa
e.
Pendistribusian kekayaan yang tidak merata
36. Dari
segi lokalitas, masyarakat Indonesia dibagi menjadi . . .
a.
Masyarakat konservatif dan modern
b.
Masyarakat ekslusif dan inklusif
c.
Masyarakat
desa dan kota
d.
Masyarakat pertanian dan nelayan
e.
Masyarakat tradisional dan modern
37. Contoh
masalah masyarakat Indonesia yang bersifat horizontal adalah . . .
a.
Kekuasaan dan kekayaan
b.
Kekayaan dan suku bangsa
c.
Ras dan kekayaan
d.
Suku
bangsa dan agama
e.
Agama dan pendidikan
38. Faktor-faktor
yang mendorong keragaman masyarakat Indonesia adalah . . .
a.
Keadaan
geografis Indonesia
b.
Sumber alam yang melimpah
c.
Mata pencaharian yang berbeda
d.
Realitas sosial dan budaya yang khas
e.
Adanya dominasi terhadap minoritas
39. Manfaat
masyarakat multikulturalisme adalah . . .
a.
Kebenaran menjadi monopoli orang yang berkuasa
b.
Munculnya rasa tidak menghargai kebudayaan lain
c.
Sebagai
benteng pertahanan terhadap ancaman yang timbul dari budaya kapital
d.
Menjadi alat untuk mengembangkan adat dan
tradisi
e.
Dapat berfungsi sebagai alat untuk mengevaluasi
kinerja masyarakat
40. Masyarakat
multikultural adalah . . .
a.
Masyarakat
yang mengakui beragam keunikan budaya, tetapi tidak mengekang kelompok lain
b.
Masyarakat yang mengakui beragam budaya, tetapi
mendominasi kelompok lain
c.
Masyarakat yang memiliki subkebudayaan yang
berbeda
d.
Masyarakat yang mengakui keberagaman kelompok
lain, tetapi seringkali mengalami konflik
e.
Masyarakat yang berintegrasi dalam satu
pemerintahan yang otoriter
Soal sosiologi kelas XII
1. Adanya
ketidaksesuaian di antara unsur-unsur yang saling berbeda yang dijumpai dalam
kehidupan sosial di masyarakat sering menghasilkan suatu pola kehidupan yang
tidak serasi fungsinya bagi kehidupan masyarakat yang bersangkutan. Proses ini
merupakan . . .
a.
Perubahan Kebudayaan
b.
Differensiasi Sosial
c.
Peranan Sosial
d.
Perubahan
Sosial
e.
Integrasi Sosial
2. Salah
satu faktor yang menyebabkan terjadinya perubahan sosial adalah . . .
a.
Tingkat pertumbuhan penduduk yang tinggi
b.
Program transmigrasi dari pemerintah
c.
Keberhasilan program Keluarga Berencana
d.
Adanya perpindahan penduduk antardaerah
e.
Menurunnya
tingkat kesejahteraan masyarakat
3. Contoh
dari perubahan cepat dan mendasar adalah . . .
a.
Model pakaian
b.
Revolusi
industri
c.
Hukum pewarisan
d.
Undang-undang perkawinan
e.
Pembuatan alat-alat
4. Perubahan
yang merupakan lanjutan dari perubahan terdahulu disebut . . .
a.
Perubahan mendasar
b.
Perubahan revolusi
c.
Perubahan struktural
d.
Perubahan menyebar
e.
Perubahan
proses
5. Pergolakan
sangat erat kaitannya dengan disintegrasi karena . . .
a.
Disintegrasi berakibat terhadap perubahan
b.
Pergolakan menimbulkan chaos
c.
Pergolakan menimbulkan anomi
d.
Pergolakan cenderung menimbulkan disintegrasi
e.
Pergolakan
cenderung mengarah ke konflik
6. Modernisasi
merupakan fase menuju industrialisasi karena di dalamnya terdapat perubahan . .
.
a.
Peranan
b.
Fungsi
c.
Pola pikir
d.
Status
e.
Identitas
7. Industrialisasi
dapat terlaksana apabila masyarakat . . .
a.
Menguasai
iptek
b.
Memiliki modal
c.
Membuat perencanaan
d.
Sudah terintegrasi
e.
Menguasai budaya Barat
8. Modernisasi
adalah usaha untuk hidup sesuai dengan zaman dan keadaan dunia sekarang. Konsep
modernisasi disampaikan oleh . . .
a.
E. Moore
b.
Koentjaraningrat
c.
Astrid S. Susanto
d.
Soegono Soekanto
e.
Ogburn dan Nimkoff.
9. Salah
satu syarat modernisasi adalah tingkat organisasi yang tinggi. Maksudnya adalah
. . .
a.
Terciptanya
disiplin
b.
Lahirnya birokrasi yang rumit
c.
Hilangnya suasana santai
d.
Adanya garis-garis komando
e.
Mudahnya mendapatkan data
10. Terjadinya
modernisasi di Indonesia karena didorong oleh keinginan untuk . . .
a.
Lebih menghargai waktu
b.
Hidup
lebih makmur
c.
Peningkatan disiplin nasional
d.
Menikmati pembaharuan
e.
Menikmati prestasi yang dicapai
11. Fungsi
manifes dalam lembaga sosial adalah fungsi . . .
a.
Yang tidak disadari oleh masyarakat
b.
Yang sewaktu-waktu akan muncul kembali
c.
Yang sifatnya temporer
d.
Yang
disadari oleh banyak orang di masyarakat
e.
Yang bukan merupakan tujuan utama
12. Perkawinan
yang dilakukan dalam satu klen disebut . . .
a.
Endogami
b.
Eksogami
c.
Poligami
d.
Monogami
e.
Poligini
13. Fungsi
keluarga yang berkaitan dengan pelestarian nilai-nilai leluhur adalah sebagai
wadah . . .
a.
Transmisi
budaya
b.
Perlindungan ekonomi
c.
Pelestarian generasi
d.
Sosialisasi primer
e.
Pendidikan informal
14. Jika
suami istri bertempat tinggal di tempat kelahiran masing-masing, maka pola
menetap yang dianut adalah . . .
a.
Patrilokal
b.
Bilokal
c.
Neolokal
d.
Avunkulokal
e.
Natalokal
15. Unsur-unsur
lembaga keluarga yang berkaitan dengan ideologi adalah . . .
a.
Kasih sayang
b.
Kendaraan
c.
Izin kawin
d.
Keturunan
e.
Tanggung jawab
16. Simbol
dari lembaga keluarga antara lain adalah . . .
a.
Uang
b.
Kekuasaan
c.
Bendera
d.
Cincin
kawin
e.
Pendidikan informal
17. Bila
seseorang telah menikah dan kemudian pengantin pria tinggal di kerabat
istrinya, maak pola menetap demikian dinamakan . . .
a.
Biolokal
b.
Neolokal
c.
Matrilokal
d.
Viriolokal
e.
Natalokal
18. Fungsi
pranata keluarga yang paling alamiah adalah . . .
a.
Membahagiakan keluarga
b.
Mendidik anak
c.
Mewariskan budaya
d.
Membantu masyarakat
e.
Melanjutkan
keturunan
19. Seperangkat
norma yang dibentuk, diubah, dan dipertahankan manusia disebut . . .
a.
Asosiasi sosial
b.
Adat kebiasaan
c.
Lembaga
sosial
d.
Tata tertib
e.
Peraturan
20. Berikut
ini yang merupakan fungsi manifes dari lembaga pendidikan adalah . . .
a.
Mengajarkan status dan peranan sosial
b.
Membentuk
masyarakat yang demokratis
c.
Membentuk masyarakat yang sejahtera
d.
Memberi kesempatan kepada masyarakat untuk
mendapatkan pekerjaan
e.
Memberi identitas diri pada warga masyarakat
21. Perkawinan
yang dilakukan dalam lingkungan sendiri disebut . . .
a.
Homogami
b.
Poligami
c.
Heterogami
d.
Eksogami
e.
Endogami
22. Salah
satu fungsi laten lembaga pendidikan adalah . . .
a.
Transmisi kebudayaan masyarakat
b.
Mengajarkan
peranan sosial
c.
Membuat orang mandiri
d.
Penguluran masa ketidakdewasaan
e.
Mendapatkan lapangan pekerjaan
23. Revolusi
di negara dunia ketiga merupakan contoh dari perubahan . . .
a.
Proses
b.
Struktural
c.
Progress
d.
Regress
e.
Bergelombang
24. Masyarakat
dan kebudayaan akan bertahan atau berubah apabila . . .
a.
Sesuai
atau tidak sesuai
b.
Maju atau mundur
c.
Homogen atau heterogen
d.
Formal atau informal
e.
Religius atau sekuler
25. Dampak
negatif modernisasi masyarakat Indonesia yang berkaitan dengan sikap imitasi
adalah . . .
a.
Konsumerisme
b.
Hedonisme
c.
Westernisasi
d.
Individualisme
e.
Kriminalitas
26. Perubahan
sosial di masyarakat dapat terjadi apabila . . .
a.
Adanya tekanan dari pihak luar
b.
Menyangkut sesuatu yang esensial
c.
Masyarakat
sadar akan kekurangannya
d.
Dibutuhkan kelompok minoritas
e.
Terjadi pertentangan nilai
27. Contoh
perubahan sosial yang bersifat regress
adalah . . .
a.
Masuknya budaya asing
b.
Gotong
royong yang mulai luntur
c.
Penanganan kejahatan secara terpadu
d.
Penyuluhan bahaya narkotika
e.
Revolusi sosial di negara maju
28. Ciri
proses perubahan sosial yang menyangkut sesuatu yang menjadi pedoman masyarakat
dalam bertindak adalah . . .
a.
Rusaknya lingkungan fisik dan ingkungan sosial
b.
Nilai
dan norma sosial tidak berfungsi di masyarakat
c.
Timbulnya anomi dan anarki berkepanjangan
d.
Masa transisi di segala sektor kehidupan
e.
Main hakim sendiri dan rendahnya kesadaran hukum
29. Contoh
perubahan yang datang dari luar yang disebabkan oleh adanya pengaruh kerusakan
fisik di luar jangkauan manusia adalah . . .
a.
Peperangan
b.
Masuknya budaya asing
c.
Bencana alam
d.
Pertambahan penduduk
e.
Penetrasi budaya
30. Kenakalan
remaja disebabkan oleh . . .
a.
Frustasi karena kegagalan
b.
Keluarga yang tidak harmonis
c.
Penyalahgunaan kebebasan
d.
Lingkungan sekolah yang tidak disiplin
e.
Semuanya
benar
31. Ciri
masyarakat modern yang cocok dengan tuntutan globalisasi adalah . . .
a.
Memanfaatkan peluang dan mencari keuntungan
b.
Mandiri dan menghargai waktu
c.
Kontrol
diri yang baik dan berwawasan luas
d.
Menghargai kaum lemah dan menjunjung tinggi HAM
e.
Melihat ke masa depan dan berteknologi tinggi
32. Teknologi
masyarakat modern yang memberikan hasil negatif adalah . . .
a.
Kesenjangan sosial
b.
Komunikasi yang cepat
c.
Tingginya
standar hidup
d.
Transportasi yang lancar
e.
Tenaga kerja yang terampil
33. Gejala
modernisasi di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi ditandai oleh . . .
a.
Industrialisasi masyarakat yang sedang mengalami
perkembangan
b.
Kemajuan
ilmu pengetahuan dan teknologi yang dapat meningkatkan kemakmuran
c.
Semua aspek kehidupan masyarakat telah
berkembang
d.
Kenakalan remaja
e.
Tindakan kriminal
34. Pembagian
kerja pada masyarakat modern didasarkan pada . . .
a.
Kedudukan seseorang
b.
Kemampuan fisik seseorang
c.
Keterampilan
atau keahlian seseorang
d.
Jabatan yang dimiliki seseorang
e.
Pengalaman seseorang
35. Kesenjangan
sosial-ekonomi yang terlalu tinggi mendorong timbulnya . . .
a.
Konflik antarwarga
b.
Kecemburuan sosial
c.
Disintegrasi
masyarakat
d.
Kemiskinan
e.
Kebodohan
36. Masyarakat
modern responsif terhadap pembaharuan karena . . .
a.
Ingin lebih menghargai waktu
b.
Peningkatan disiplin nasional
c.
Menikmati prestasi yang dicapai
d.
Adanya
kebutuhan apa
e.
Ingin hidup makmur
37. Motivasi
masyarakat desa untuk melakukan urbanisasi adalah . . .
a.
Lebih tingginya upah buruh di desa daripada di
kota
b.
Kesempatan
kerja yang lebih luas dan bervariasi di kota
c.
Semakin tidak lancarnya transportasi dari desa
ke kota
d.
Tersedianya harga barang yang murah dan lebih
lengkap
e.
Kota dapat memberikan kebahagian manusia
sepanjang hari
38. Dampak
negatif urbanisasi yang berkaitan dengan situasi di desa adalah . . .
a.
Pengangguran semakin berkurang jumlahnya
b.
Tingginya tingkat kejahatan dan kriminalitas
c.
Berkurangnya
sumber daya manusia yang potensial
d.
Lahan
pertanian yang subur semakin bertambah
e.
Terjadinya kepadatan penduduk yang sangat merata
39. Perubahan
yang mendasar, yang meliputi struktur-struktur sosial dan berlangsung dalam
waktu yang relatif singkat dinamakan . . .
a.
Evolusi sosial
b.
Perubahan progress
c.
Perubahan regress
d.
Revolusi
sosial
e.
Pergeseran tata nilai
40. Yang
termasuk evolusi di bidang sosial adalah . . .
a.
Perubahan sistem pertanian ladang berpindah ke
sistem irigasi
b.
Penerimaan
masyarakat terhadap pola hidup keluarga kecil
c.
Pergantian sistem pemerintahan komunisme ke
liberalisme
d.
Penggunaan bibit hibrida menggantikan bibit
lokal
e.
Penggunaan mesin traktor untuk membajak tanah
41. Pada
prinsipnya, perubahan dalam masyarakat ada dua, yaitu . . .
a.
Perubahan struktural dan fungsional
b.
Perubahan konstruktif dan destruktif
c.
Perubahan fungsional dan proses
d.
Perubahan proses dan destruktif
e.
Perubahan
struktural dan proses
42. Perubahan
mode pakaian adalah perubahan yang tidak luas, karena . . .
a.
Selalu menguntungkan pedagang
b.
Hanya
diikuti oleh golongan tertentu
c.
Tidak ada hubungan dengan politik
d.
Hanya untuk kebutuhan sekunder
e.
Diciptakan oleh pedagang
43. Penemuan
baru secara sengaja dan direncanakan secara matang paling banyak dilihat pada
bidang . . .
a.
Sosial
b.
Politik
c.
Agama
d.
Kesusasteraan
e.
Teknologi
44. Faktor
yang berpengaruh terhadap penerimaan suatu unsur baru adalah . . .
a.
Tidak sejalan dengan nilai masyarakat
b.
Sejalan dengan kemauan pemerintah
c.
Belum
tersedianya alat telekomunikasi
d.
Unsur yang melandasi belum jelas
e.
Langsung dirasakan manfaatnya
45. Faktor
dominan yang mendorong timbulnya modernisasi adalah . . .
a.
Komunikasi
massa
b.
Revolusi sosial
c.
Reformasi total
d.
Pendidikan
e.
Lingkungan kekotaan
46. Modernisasi
merupakan fase menuju industrialisasi karena terjadi perubahan . . .
a.
Peranan
b.
Fungsi
c.
Status
d.
Pola
pikir
e.
Identitas
47. Kesamaan
modernisasi, westernisasi, dan sekularisasi terletak pada . . .
a.
Kepentingan ekonomi
b.
Kepentingan politik
c.
Kepentingan
dunia
d.
Kepentingan sosial
e.
Kepentingan budaya
48. Contoh
westernisasi adalah . . .
a.
Giat belajar untuk kemajuan bangsa
b.
Berpakaian
ala Michael Jackson
c.
Menghindari masuknya unsur budaya barat
d.
Mempelajari budaya barat
e.
Bepergian ke negara barat
49. Hubungan
industrialisasi dengan urbanisasi sangat erat, karena . . .
a.
Urbanisasi disebabkan oleh kesempatan kerja di
bidang industri di kota
b.
Industrialisasi selalu ditunjang oelh jumlah
penduduk yang banyak
c.
Industrialisasi hanya membutuhkan ilmu dan
teknologi modern
d.
Urbanisasi
menyebabkan perlunya pengembangan berbagai jenis industri
e.
Industri biasanya dibangun di kota dan
membutuhkan tenaga kerja
50. Manusia
modern antara lain berciri menjunjung tinggi suatu sikap dimana imbalan yang
diterima harus berdasarkan prestasi yang dicapai. Hal ini sejalan dengan konsep
. . .
a.
Keadilan
b.
Kedaulatan
c.
Demokrasi
d.
Solidaritas
e.
Liberal
51. Contoh
modernisasi di bidang sikap dan nilai adalah . . .
a.
Menghargai semua tingkah laku orang barat
b.
Meniru mode dan kebiasaan masyarakat Amerika
c.
menolak seluruh tradisi masyarakat desa
d.
Menghargai
waktu dan meningkatkan disiplin
e.
Menerima tradisi nenek moyang bangsa lain
52. Terjadinya
modernisasi di Indonesia dilandasi oleh keinginan untuk . . .
a.
Hidup
lebih makmur
b.
Menikmati pembaharuan
c.
Menikmati prestasi yang dicapai
d.
Lebih menghargai waktu
e.
Peningkatan disiplin
53. Contoh
kejahatan kerah putih dalam lingkungan pemerintahan adalah . . .
a.
Manipulasi pajak kekayaan pribadi oleh
konglomerat
b.
Para pegawai bermalas-malasan di kantor
c.
Melaksanakan proyek dengan memanipulasi aturan
d.
Menggunakan
dana pembangunan untuk bertamasya ke luar negeri
e.
Membuat laporan nyata atas kekayaan pribadi
54. Tantangan
bangsa Indonesia dalam era globalisasi adalah . . .
a.
Semakin makmurnya rakyat
b.
Semakin
lunturnya identitas nasional
c.
Semakin mudahnya akses masyarakat kepada
pemerintah
d.
Semakin mudahnya para pemuda Indonesia belajar
di luar negeri
e.
Semakin berkurangnya sumber daya manusia
Indonesia
55. Salah
satu fungsi lembaga pendidikan adalah . . .
a.
Mengembangkan bakat seseorang secara maksimal
b.
Menciptakan masyarakat elite
c.
Menanamkan
ideolog tertentu kepada seseorang
d.
Mengusahakan perdamaian nasional
e.
Memeperbaiki hubungan sosial antarmasyarakat
0 komentar:
Posting Komentar